Facebook Presiden Jokowi, Termasuk Paling Populer Di Antara Pemimpin Dunia

Presiden Joko Widodo_Indonesia

(Business Lounge Journal – Global News) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, adalah salah satu Presiden yang paling populer di sosial media. Hal itu terbukti dari Fan Page Facebook miliknya, yang sampai saat ini diikuti oleh 6 jutaan orang. Belum lagi, dari Twitternya yang juga diikuti oleh 4 juta orang lebih. Semua foto-foto yang dipasang, juga isi dari sosial media miliknya, biasanya tak pernah sepi dari tanggapan. Belum lagi like yang ada di setiap kalimat yang tertulis di Facebook Presiden Jokowi, bisa mencapai puluhan ribu. Suatu jumlah yang sangat tinggi tentunya. Jumlah pengikut di Facebook Presiden Joko Widodo, mengalahkan pemimpin dunia di Eropa, seperti Kanselir Jerman Angela Merkel dengan 1 jutaan pengikut, dan Presiden Perancis François Hollande dengan 780 ribuan pengikut.

Kepopuleran Presiden Joko Widodo di sosial media memang diakui. Menurut riset yang dilakukan perusahaan komunikasi Burson-Marsteller, Presiden Joko Widodo merupakan salah satu dari lima orang pemimpin dunia, yang memiliki pengikut yang terbanyak di jaringan Facebook. Urutan pertama, ditempati oleh Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, dengan jumlah pengikut sebanyak 46 jutaan pengikut. Urutan kedua ditempati oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, dengan jumlah pengikut di Facebook sebanyak 31 jutaan pengikut. Urutan yang ketiga, ditempati oleh fanpage resmi dari Kantor Perdana Menteri India, dengan pengikut sebanyak 10,1 juta pengikut. Urutan keempat, ditempati Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Urutan yang kelima, ditempati oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi, yang masing-masing memiliki 6 jutaan pengikut. Menurut Burson-Marsteller, ada 90% pemerintahan di dunia yang memiliki Fanpage yang resmi.

Seperti yang kita ketahui sekarang, sosial media memang merupakan salah satu ukuran dari seseorang. Bukan hanya dari banyaknya pengikut, tetapi juga bisa dilihat dari keaktifan yang ada di sosial media. Mulai dari banyaknya update yang dilakukan, serta banyaknya interaksi yang terjadi di sosial media tersebut. Sebuah sosial media, meskipun eksis dengan banyak pengikut, harus dilengkapi juga dengan update dan juga komunikasi dua arah yang ada di sosial media tersebut. Komunikasi yang dimaksud misalnya, adanya balasan pada update timeline yang dilakukan, adanya like yang diterima di Facebook, atau adanya like dan balasan dari foto yang diposting.

Jika kita melihat Fanpage resmi dari Presiden Joko Widodo, memang terbukti bahwa Joko Widodo memang populer dan menjadi salah satu pemimpin yang paling diikuti di sosial media. Kita melihat, bukan karena adanya banyak pengikut saja yang terlihat di Fanpage resmi Presiden Joko Widodo, tetapi terlihat juga adanya interaksi, seperti adanya update yang terbilang cepat,dan adanya tanggapan berupa balasan atau like dari pada pengikutnya. Dari sisi konten update yang ditulis di timeline, dapat dikatakan isinya tergolong berbobot dan berkualitas. Semua hal yang terlihat di sosial media tersebut, memang menandakan bahwa Presiden Joko Widodo jelas merupakan salah satu pemimpin dunia yang populer di sosial media.

Fanny Sue/ Journalist/VMN/BL
Image : Business Lounge Journal / Mark S
Editor : Fanya Jodie