Uber Membuat Ekspansi Besar Pertama Di Tiongkok Targetkan 100 Kota Di 2016

(Business Lounge Journal – Global News) Mendapatkan pendanaan baru, Uber Cina – Uber mendedikasikan bisnisnya di negara terbesar di dunia –  memulai ekspansi terbesar hingga saat ini yang akan meningkatkan jangkauan untuk 37 kota, meningkat  dari 22 kota sebelumnya.
Uber China telah perlahan-lahan memperluas cakupannya di China dengan peluncuran di kota-kota besar sejauh ini. Dalam perubahan yang ada, katanya hari ini akan meluncurkan di 15 kota baru di Sichuan, provinsi ke empat yang paling padat penduduknya di China, sebelum Tahun Baru Imlek pada tanggal 8 Februari.

Sichuan, wilayah seluas  485.000 km persegi dengan populasi kumulatif lebih dari 80 juta orang, sudah menjadi hotspot bagi perusahaan. Ibukota provinsi Chengdu adalah kota tertinggi bagi Uber di seluruh dunia, berdasarkan perjalanan mingguan, dan mencapai tempat nomor satu hanya sembilan bulan setelah Uber diluncurkan di sana. Dan ada ternyata janji lebih: Uber mengatakan volume di kota kedua Mianyang, di mana ia diluncurkan pada bulan November, adalah empat puluh kali lebih tinggi dari Chengdu adalah pada tahap peluncuran.

Uber mengatakan sudah ‘meluncurkan’ di lima kota, tetapi menargetkan tambahan sepuluh lagi untuk sepenuhnya menjangkau kota-kota utama di Sichuan menjelang Tahun Baru China, yang merupakan migrasi tahunan terbesar di  China yang secara massal kembali ke kampung halaman mereka untuk liburan.

Perusahaan menolak untuk mengungkapkan rencana ekspansi spesifik untuk tahun ini ketika ditanya – tetap harus menjaga informasi rahasia dan jauh dari pesaing – tapi tahun lalu mereka mengungkapkan akan mengambil cakupan untuk lebih dari 100 kota di 2015. Ini bergerak di Sichuan yang sepertinya  tahap satu.

“2015 adalah  ‘Tahun Lokalisasi’ bagi Uber China dan 2016 akan menjadi ‘Tahun Pertumbuhan’,” Zhen Liu, yang merupakan Uber China’s Head of Strategy, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Kami telah membangun fondasi yang kuat di seluruh negeri dan telah menempatkan tim lokal yang sangat baik yang akan mendorong pertumbuhan kami di tahun depan … tujuan kami adalah untuk berada di 100 kota di seluruh China pada akhir tahun ini,” tambah Liu.

Mencapai 100 kota baru di dalam dua belas bulan adalah tugas besar, tetapi bahkan jika Uber mampu melakukannya, perusahaan masih harus mengejar jejak pemimpin lokal Didi Kuaidi pada cakupan nasional secara keseluruhan. Didi Kuaidi, yang senilai US $ 16,5 miliiar dibandingkan Uber China dengan nilai US $ 8 miliar, hadir di lebih dari 360 kota – dan dilaporkan sudah BEP di lebih dari 100 kota.

Arum/ Journalist/VMN/BL
Image : wikipedia
Editor : Fanya Jodie