(Business Lounge Journal – Dominate the Market) Brand selalu mewakili usaha. Brand benar-benar tidak boleh salah pilih sebab selamanya akan dipakai, walau memang ada saja kemungkinan saja diganti sewaktu-waktu. Memilih brand dan mempopulerkannya memang ada ilmunya . Tidak semudah itu  membuat sebuah brand. Brand dikatakan berhasil ketika menjadi top of mind dari masyarakat. Jika orang mengatakan air mineral, maka orang akan menyebut AQUA. Ketika jalan-jalan ke Bandung untuk membeli pisang molen, maka Kartika Sari menjadi pilihan banyak orang. Jika ditanya apakah punya rekening bank? Maka yang paling sering disebut adalah punya BCA tidak?  Top of mind merupakan sesuatu yang sangat  sulit dihapus.  Menjadi prioritas bagi semua orang tanpa disadari untuk dicari lebih dulu ketimbang yang lain.
 
Membuat brand menjadi sebuah top of mind biasanya ditempuh dengan berbagai cara. Mulai dari iklan di surat kabar, majalah hingga televisi, menggaungkannya terus menerus di telinga masyarakat agar terbiasa dan familiar dengan brand tersebut. Sebuah brand baru seringkali membuat program diskon atau berhadiah untuk merebut hati calon customer.  Semuanya ini bukan tanpa biaya melainkan membutuhkan budget yang cukup besar.
 
Bagaimana caranya membuat agar brand kita tidak mengeluarkan cost yang cukup berarti? Berikut ini adalah ide-ide untuk branding yang dapat Anda manfaatkan dengan tanpa biaya ataupun minim biaya.
1. Memanfaatkan iklan gratis di internet
Iklan gratis ini banyak yang menawarkan untuk membuat agar website atau blog mereka lebih ramai. Iklan gratis tentu untuk jangka waktu tertentu saja, biasanya untuk jangka pendek, paling lama sebulan. Iklan gratis dapat ditawarkan oleh berbagai macam jenis website. Bisa web edukasi, web berita dan sebagainya. Rajin-rajinlah mencari yang mana yang memberikan iklan gratis. Jika Anda sudah merasakan menguntung dari iklan gratis ini, silahkan dilanjutkan dengan berbayar jika mau.
2. Memanfaatkan media sosial
Anda dapat menaruh profil usaha Anda di facebook, twitter, instagram, linked in dan sebagainya sebagai promosi diri. Usahakan meraih sebanyak mungkin follower. Semakin banyak follower tentu semakin populer. Buatlah banyak update. Jangan malas untuk melakukan update di media sosial. Setiap hari harus ada update. Jika tidak ada update bagaimana orang akan melirik media anda? Kegagalan banyak orang adalah malas melakukan update padahal sudah punya media sosial untuk promosi diri. Buatlah update semenarik mungkin dengan judul yang menarik atau foto yang bagus, hal ini akan membuat orang tertarik untuk membukanya dan tidak melewatkannya.
3. Manfaatkan promosi gratis dari jaringan distribusi Anda.
Beberapa portal atau lapak di internet memberikan promosi gratis untuk produk unggulan Anda. Buatlah dan tentukannya produk-produk unggulan yang Anda akan jagokan untuk dapat membuatnya menjadi pemicu atau perangsang untuk orang melihat produk-produk lainnya.
4. Manfaatkan review atau testimoni dari orang-orang yang puas dengan layanan atau produk Anda.
Mintalah mereka menuliskan review tersebut baik di website Anda maupun di blog mereka pribadi. Juga dapat merebak melalui WA atau blas BBM atau bahkan mouth to mouth. Hal ini akan sangat menguntungkan.
Selamat mencoba!

Vera HerlinaVera Herlina/VMN/BL/CEO of Management and Soft Skill Academies, Vibiz Consulting Group.