Kategori ‘Pertemanan’ Menurut Facebook

(Business Lounge Journal – Global News) – Orang tidak dapat memiliki 1.000 teman yang nyata di Facebook. Atau 500 juga tidak bisa. Sebenarnya jumlah teman mulai di atas 200 tampaknya tidak mungkin, sebuah studi yang tidak biasa menegaskannya kemarin dilansir dari AFP.

Keterbatasan kapasitas otak dan waktu luang juga berarti bahwa manusia dapat memelihara tidak lebih dari sekitar 150 persahabatan sejati di media sosial, seperti dalam kehidupan nyata, kata sebuah makalah di jurnal Royal Society Open Science. Sisanya adalah kenalan, atau orang-orang yang hanya sekedar tahu.

Batas teoritis 150 teman telah menjadi dikenal sebagai “Dunbar’s Number” setelah psikolog evolusioner Inggris Robin Dunbar, yang menciptakan konsep tersebut. Dia juga menulis studi baru, dan menyimpulkan batas yang sama diterapkan secara online.

“Ada beberapa fleksibilitas, mungkin, tapi tidak terlalu banyak, dan itu sebagian besar tergantung pada seberapa lemah atau kuat Anda inginkan dari persahabatan Anda,” demiikian disampaikan Dunbar kepada AFP.

“Seolah-olah kita masing-masing memiliki jumlah terbatas dalam modal sosial dan kita dapat memilih untuk berinvestasi sedikit di lebih banyak orang, atau lebih banyak lagi di sedikit orang. Tapi Anda tidak bisa melebihi batas.”

Dunbar percaya hubungan manusia berlapis dalam lingkaran yang lebih besar dari yang terdekat dengan terjauh.

Kita memiliki rata-rata lima teman akrab, 15 teman terbaik, 50 teman baik, 150 teman, 500 kenalan dan 1.500 orang yang kita akui di situs.

“The 150-layer adalah penting: ini mendefinisikan orang-orang yang telah nyata saling berhubungan dengan kita, orang-orang di mana Anda merasa punya kewajiban dan memenuhi permintaan mereka,” para ilmuwan menjelaskan.

“Orang bisa (dan kadang-kadang) memiliki 500 atau bahkan 1.000 teman di Facebook, tetapi semua yang mereka lakukan adalah termasuk orang-orang yang kita biasanya katakan kenalan saja atau orang yang kita hanya sekedar tahu saja tetapi tidak kenal dengan sangat baik.”

Facebook tidak membedakan jenis persahabatan, Dunbar menunjukkan. Psikolog seperti Dunbar percaya batas persahabatan ditentukan oleh dua hal: kemampuan otak kita untuk memproses beberapa hubungan, dan keterbatasan waktu.

– ‘Free fan club’ –

Ada spekulasi yang telah lama mengatakan bahwa media sosial memungkinkan kita untuk menembus beberapa hambatan ini, sebagian dengan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang pada suatu waktu – sehingga meluaskan waktu sosial yang terbatas.

Untuk studi baru, Dunbar menggunakan data dari dua jajak pendapat menargetkan lebih dari 3.300 orang  di Inggris. Kelompok pertama memiliki 155 teman Facebook rata-rata, dan yang kedua sekitar 183.

Ketika ditanya berapa banyak teman-teman Facebook mereka yang bisa diminta dukungan pada saat krisis, orang menjawabnya empat. Ditanya berapa banyak mereka bisa memperoleh simpati, jawabannya adalah 14 – mengikuti pola lapisan persahabatan dalam kehidupan nyata.

Dunbar mengatakan ada beberapa orang dengan lebih dari 300 teman, tentu saja. “Mereka adalah pengecualian dan bukan aturannya, dan kita harus bertanya seberapa baik mereka benar-benar tahu teman-teman ini setelah 200 orang atau lebih,” katanya.

“Kami juga harus berhati-hati untuk tidak menyertakan pengguna profesional seperti Justin Bieber di sini: wartawan, anggota kongres, penulis, penyanyi dll menggunakan Facebook sebagai semacam fan club gratis – tidak peduli bagi mereka apakah mereka benar-benar tahu orang-orang ini atau tidak.”

Arum/ Journalist/VMN/BL
Editor : Fanya Jodie