(Business Lounge – Dominate The Market) – Hidup di era serba digital ini memang enak. Semuanya serba gadget, serba teknologi dan memudahkan serta membuat hidup lebih fun dengan banyaknya tools gadget yang memudahkan hidup.  Salah satu yang membuat fun adalah adanya social media yang memberikan kepada kita untuk mengembangkan kreatifitas, berfotoria bahkan mem-videokan momen-momen seru dengan mudahnya. Betapa hidup menjadi lebih menyenangkan!

Ternyata yang paling menikmati keuntungan social media ini ada dua :

  1. Dunia Pariwisata
  2. Dunia Kuliner

Semuanya mendapatkan promosi gratis melalui social media. Dampaknya jangan dianggap remeh, mampu membuat tempat-tempat pariwisata dan kuliner ini menjadi ramai tanpa biaya promosi dan marketing. Lumayan bukan?

Berapa biaya yang Anda perlukan untuk membuat brosur, membuat iklan di televisi atau pun bekerjasama dengan kartu-kartu kredit atau bank-bank? Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Namun melalui media sosial, sungguh-sungguh tanpa biaya. Yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas makanan, tempat wisata, meningkatkan service yang diberikan kepada pelanggan. Selanjutnya? Biarkan mereka, para customer Anda mempromosikannnya sendiri. Cara cerdas tentunya!

Apalagi di bumi Indonesia ini, dimana semua orang keranjingan smartphone, tablet dan semua tools media sosial, wah Anda akan sangat diuntungkan. Sajikan saja makanan enak, berikan saja servis yang terbaik, lakukan saja yang menyenangkan hati customer. Maka apa yang terjadi? Mereka akan dengan senang mengabadikan makanan dan minuman yang mereka pesan ataupun tempat wisata yang mereka datangi dan menaruhnya di blog pribadi mereka, di facebook, instagram, dan sebagainya. Lalu sebagai keterangan fotonya mereka akan menuliskan review yang mereka anggap penting untuk diketahui semua orang. Menarik bukan? Promosi mouth to mouth memang adalah yang paling ampuh untuk melipat gandakan jumlah customer Anda.

Dalam hal ini tentu sebagai pemilik usaha, Anda harus benar-benar memperhatikan agar bukan promosi mematikan yang Anda peroleh. Salah langkah dengan kurang memperhatikan servis dan kualitas rasa misalnya, akan mendapatkan review negatif dari orang-orang yang kecewa dan itu membahayakan bisnis Anda.

Memang Andalah yang harus benar-benar berusaha untuk menciptakan citra yang positif kepada customer. Citra yang positif ini akan membuat mereka tidak berhenti mempromosikan Anda kepada orang-orang di lingkungan mereka baik melalui media sosial ataupun langsung.  Sekali memiliki citra negatif walau sudah berusaha diperbaiki, seringkali sulit untuk menghapus kesan negatif yang pernah dialami customer. Apalagi bisnis yang berhubungan dengan memori ini. Apa yang dimakan, apa yang diminum, apa yang dilihat semuanya akan membangkitkan memori. Saya sendiri punya pengalaman lambatnya pelayanan di sebuah cafe sehingga membuat saya yang sangat memiliki waktu terbatas ini tidak ingin balik lagi dan tidak akan pernah merekomendasikan pada orang lain.

Kata kunci pada service measurement dengan NPS (net promoter score) adalah: Apakah Anda akan merekomendasikan kami kepada orang lain?

Jika jawaban customer Anda adalah ya..maka congratulation! Anda mendapatkan promosi gratis yang powerful!

Vera HerlinaVera Herlina/VMN/BL/CEO of Management and Soft Skill Academies, Vibiz Consulting Group.