Tingkatkan Produktivitas Kerja Anda Dengan Berbagai Cara Ini!

(Business Lounge – Empower People) – Produktivitas kerja sangatlah penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Produktivitas kerja bertujuan memperoleh hasil kerja sebesar-besarnya dengan menggunakan sumber daya yang sekecil-kecilnya. Dengan produktivitas kerja yang tinggi, ini akan memperkuat ekonomi dan pada akhirnya menjamin keberlangsungan hidup dari organisasi tersebut.

Sebagai seorang pelaku bisnis ataupun manajer, Anda selalu dituntut untuk bekerja demi mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Rencanakan Pekerjaan dengan Baik

Biasakan untuk membuat rencana sebelum bekerja. Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk merencanakan pekerjaan. Pertama, rencanakan pekerjaan Anda sehari sebelumnya. Kedua, Anda bisa membuat rencana kerja mingguan.

Buatlah rencana mingguan kerja pada hari Minggu sore atau malam untuk rencana kerja pada minggu berikutnya. Banyak orang lebih menyukai rencana kerja mingguan karena dapat memberikan gambaran menyeluruh dalam satu minggu dan lebih mudah untuk mengalokasikan waktu sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan sebelumnya.

Perkirakan Waktu Pengerjaan

Perencanaan kerja yang baik harus disertai alokasi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat. Oleh karena itu buat alokasi waktu pengerjaan untuk setiap daftar kerja yang akan Anda lakukan, dan pikirkan juga strategi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jangan lupa Anda juga mesti mengalokasikan waktu untuk rehat dari pekerjaan. Sebab bekerja terus-menerus bisa melemahkan daya tahan tubuh dan fokus Anda dalam bekerja.

Buat Skala Prioritas,Delegasikan Tugas yang Kurang Penting

Sebagai seorang pebisnis ataumanajer, Anda mungkin punya setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan. Supaya tidak stress, Anda bisa membuat skala prioritas. Jika Anda membuat rencana mingguan, buatlah paling tidak tiga pekerjaan prioritas utama dalam satu minggu tersebut. Selesaikan dahulu daftar pekerjaan yang Anda prioritaskan pada awal minggu. Biasakan juga menyelesaikan pekerjaan seawal mungkin dari jam 08.00 sampai 12.00. Sebab pada jam-jam tersebut konsentrasi dan stamina Anda masih baik.

Sedangkan untuk tugas yang kurang penting atau skala kecil, Anda bisa mendelegasikan kepada bawahan. Ini perlu dilakukan supaya Anda bisa tetap fokus pada pekerjaan utama. Selain itu pendelegasian tugas memiliki dampak positif, karena dengan cara itu Anda memberikan kepercayaan kepada bawahan untuk menyelesaikan sebagian tugas Anda.

Tetap Fokus

Agar tetap fokus bekerja, sebaiknya kondisikan lingkungan kerja Anda yang seminimal mungkin dari gangguan. Misalnya, ubah handphone ke mode diam, cari ruangan yang kondusif, dan katakan kepada kolega kalau Anda sedang fokus bekerja.

Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Mengevaluasi pekerjaan secara rutin sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan produktivitas kerja. Evaluasi kerja dapat Anda lakukan secara periodik, mingguan atau bulanan. Inti dari evaluasi adalah membandingkan target kerja Anda dengan realisasi. Dari evaluasi tersebut, Anda akan mengetahui apakah Anda sudah produktif dalam bekerja, serta kendala apa saja yang Anda temukan dalam bekerja. Dengan demikian Anda akan bisa memperbaiki pola dan sistem kerja Anda ke depan agar produktivitas kerja menjadi lebih baik.

Jaga Kesehatan dan Stamina

Agar mampu bekerja secara produktif, Anda harus memiliki kondisi kesehatan dan stamina yang prima. Beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan stamina:

Lakukan olahraga secara teratur.

Dengan berolahraga (misalnya, seminggu 2-3 kali), Anda akan memiliki stamina yang memadai untuk mengimbangi tuntutan pekerjaan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Dengan stamina yang prima, Anda bisa tetap berkonsentrasi dalam bekerja.

Tidur, makan dan istirahat yang cukup.

Tidurlah sekurang-kurangnya 8 jam sehari untuk memulihkan kondisi tubuh.Perhatikan asupan gizi makanan. Konsumsi buah dan sayuran sangat diperlukan untuk memperoleh asupan gizi yang lengkap, selain makanan pokok dan lauk. Jika diperlukan konsumsilah vitamin untuk meningkatkan stamina dan dan menjaga daya tahan tubuh.

Selamat mencoba!

Banguning Asgha /VMN/BL/Podomoro University
Editor: Fanya Jodie