Sisi Lain Tragedi Bom di Ibukota: Service Excellence yang Menyentuh Hati

(Business Lounge Journal – Present Your Service) Bukan hanya warga ibukota Jakarta tapi seluruh Indonesia bahkan dunia Internasional dikejutkan dengan tragedi bom di Pos Polisi Sarinah Thamrin Jakarta hari Kamis 14 Januari 2016. Jakarta yang aman tenteram tiba-tiba dikejutkan dengan aksi kejahatan yang hendak menteror ibukota, namun kita semua pantas bersyukur sebab dalam tempo beberapa jam Divisi Humas Polri sudah mengumumkan bahwa keadaan sudah terkendali. Rasa syukur dinaikkan oleh segenap warga Jakarta.

Tentu tulisan ini bukan membahas peristiwa buruk tersebut, namun ditengah suasana duka muncul sebuah penawaran bantuan bagi pelanggan dan masyarakat dari sebuah perusahaan transportasi masyarakat yang sangat dikenal di Jakarta.

Iklan layanan yang simpatik tersebut menawarkan sebuah bantuan dengan ungkapan bahasa sederhana namun cukup menyentuh hati.

Warga jakarta yang tercinta,
Tragedi siang ini di ibukota kita menggoncang negara kami. Keamanan anda adalah prioritas kami. Kami harap semua warga Jakarta tetap aman dan waspada.
Untuk mempermudah evakuasi ke lokasi yang lebih aman , kami akan menyediakan transportasi GRATIS hari ini bagi pengguna GO-RIDE di wilayah JABODETABEK.
Semua Driver GO-JEK siap membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan di masa yang kritis ini.
Marilah kita berdoa untuk ibukota tercinta kami.

Ada berbagai cara untuk meraih hati pelanggan maupun publik antara lain dengan berbagai program CSR seperti pemberian bantuan kepada para korban banjir atau bencana alam, bantuan menyelenggarakan operasi bibir sumbing secara gratis, atau donor darah, dll. Semua dilakukan selain untuk membantu masyarakat juga untuk meningkatkan citra perusahaan.

Demikian juga salah satu contoh perusahaan yang mengambil momen bagus dengan sangat cepat adalah yang dilakukan oleh GO-JEK ini, begitu peristiwa terjadi, in-the-same day mengeluarkan tawaran layanan simpatik untuk membantu evakuasi warga tanpa dipungut biaya. Momen ini akan menghadirkan citra positif bagi perusahaan dan akan dikenang oleh warga Jakarta.

Ternyata ada berbagai cara menolong sesama, berbagai cara untuk melakukan service excellence bagi para pelanggan dan publik. Mengapa tidak segera dilakukan?

bu-emyEmy Trimahanani/VMN/BL/Managing Partner for Wealth Management Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group