Demi Kualitas Hidup Karyawan Menjadi Lebih Baik, GE Pindahkan Markasnya

(Business Lounge Journal – Global News) General Electric Company telah selama 4 dekade bermarkas besar di Connecticut. Namun saat ini management sedang bersiap untuk memindahkan kantor pusat perusahaan yang dikenal dengan inisial GE ini ke Boston.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mendasar kepindahan ini yaitu, talent, biaya jangka panjang, kualitas hidup karyawan, hubungan dengan dunia, dan kedekatan dengan aset perusahaan penting lainnya.

Chairman dan CEO GE Jeff Immelt mengatakan bahwa perusahaan ingin berada di pusat ekosistem sehingga mereka dapat membagikan aspirasinya, demikian seperti dilansir oleh WSJ. Boston adalah rumah bagi 55 perguruan tinggi dan universitas. Massachusetts menghabiskan lebih banyak pada penelitian dan pengembangan dibandingkan daerah mana pun di dunia ini. Boston menarik bagi berbagai keragaman, tenaga kerja yang fasih teknologi dan fokus pada pemecahan tantangan bagi dunia. Immelt menuturkan bagaimana pihak management bersemangat untuk membawa markasnya ke Boston yang disebutkan sebagai kota yang dinamis dan kreatif.

GE telah menyatakan kepindahannya ke Seaport District di Boston dan karyawan akan pindah ke lokasi sementara di Boston mulai pada musim panas 2016. Perusahaan telah melakukan pencarian secara nasional untuk markas baru sejak tahun lalu sehubungan dengan kebijakan pajak Connecticut yang berlaku. Namun pihak yang berwenang telah beberapa kali mendiskusikan hal ini kepada pihak GE, namun tidak berhasil menahan perusahaan ini.

GE menjatuhkan pilihannya pada Boston sehubungan dengan usaha perusahaan yang sedang melakukan rebranding diri sebagai perusahaan teknologi. GE telah mengubah fokusnya ke high-tech, digital enterprises, dan berupaya meninggalkan kesan sebagai perusahaan finansial sehubungan dengan telah dijualnya GE Capital yang merupakan unit keuangan GE. Untuk merealisasikan tujuan GE ini, Boston pun menawarkan akses ke universitas riset besar seperti Harvard, Boston University, dan Massachusetts Institute of Technology.

Immelt memang sedang melakukan pergeseran dengan menekankan manufaktur dan teknologi canggih untuk pertumbuhan masa depan GE. Bloomberg baru-baru meranking Massachusetts menjadi yang pertama dalam hal inovasi. Massachusetts banyak kali menjadi tuan rumah untuk banyak perusahaan teknologi tinggi, termasuk anak perusahaan dari Google. Namun selain itu, Boston menjadi tuan rumah bagi lembaga pendidikan seperti MIT, Harvard, Boston College, dan Universitas Boston. Penting bagi GE untuk melihat Boston sebagai suatu kemampuan untuk merekrut talent dari universitas lokal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Perusahaan juga mengumumkan akan memindahkan kantor pusat global-nya untuk GE Healthcare dari pinggiran kota London ke Chicago.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana