Jangan Launching Website Anda dengan Begitu Saja

http://www.lifehack.org/340860/checklist-for-launching-new-site

(Business Lounge Journal – Dominate The Market) Bila tahun ini Anda sudah berencana untuk meluncurkan website baru untuk bisnis Anda maka jangan lewatkan kesempatan untuk dapat mempersiapkan yang terbaik dan tidak berpikir bahwa Anda akan melakukannya dengan begitu saja.

Ada banyak hal yang tampaknya kecil yang mungkin sangat mempengaruhi kualitas keseluruhan dan efisiensi situs Anda. Jadi, untuk menghindari masalah yang tidak perlu, coba lihat daftar di bawah ini dan bilamana Anda telah mempersiapkannya.

1. Desain yang Konsisten

Jika Anda menggunakan warna tertentu, maka gunakanlah warna tersebut di seluruh website. Jika ada menu, maka pastikanlah bahwa warna tersebut hadir pada semua halaman. Pantang untuk menggunakan banyak font yang berbeda-beda. Tidak boleh memilih selusin font yang berbeda dan menyebarnya di seluruh halaman.

2. Memiliki fitur yang jelas.

Semakin banyak fitur yang ada di Web, pengguna pun akan semakin kekurangan waktu untuk mengeskplor situs Anda. Jika Anda tidak berhasil memancing mereka serta menolong mereka untuk memecahkan masalah mereka secepat mungkin, sudah dapat dipastikan Anda akan kehilangan mereka.

3. Dapat diakses melalui mobile phone

Saat ini tidak semua orang dapat dengan mudah mengakses komputer mereka. Sebaliknya kecanggihan gadget pun semakin bertambah-tambah. Pastikanlah bahwa situs Anda dapat dengan mudah diakses melalui berbagai gadget. Jika situs Anda tidak siap diakses melalui gadget, bersiaplah Anda untuk kehilangan banyak pelanggan yang besar.

4. Blog

Sebuah blog sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, namun sulit untuk membayangkan cara yang lebih baik untuk menjaga website Anda tetap update. Biarkan pengunjung Anda tahu bahwa Anda aktif dan lakukanlah meng-upload dengan teratur sehingga pengunjung akan selalu ingin mengunjungi website Anda guna memperoleh berita-berita terbaru.

5. SEO

Ini adalah bagian yang tidak bekerja terlalu baik jika aspek lainnya diabaikan. SEO adalah seni dalam dan dari dirinya sendiri. Jika ini bukan pekerjaan Anda, ada baiknya untuk Anda menyewa spesialis, jika tidak, anda akan dipaksa untuk terus mengikuti perkembangan semua perubahan-perubahan algoritma Google dari menit ke menit.

6. E-commerce – Metode Pembayaran

Apa yang nyaman untuk Anda mungkin tidak nyaman untuk klien potensial Anda. Jika Anda hanya menggunakan metode pembayaran yang sesuai dengan yang Anda inginkan maka ini tidak akan menambah upaya untuk berbagai mekanisme tambahan. Jangan membatasi diri Anda untuk satu metode pembayaran, ada banyak pilihan seperti kartu kredit, Google Wallet, bitcoin, PayPal, dan banyak lainnya.

7. Website Search

Anda mungkin menemukan kebanggaan dalam navigasi website yang terorganisir, tapi ingat bahwa akan selalu ada mereka yang ingin cepat dan memutuhkan langsung memasukkan kata kunci yang menarik bagi mereka dan mendapatkan apa yang mereka mau. Jika Anda tidak memiliki fungsi pencarian mereka akan menjadi sangat kesal.

Website yang efisien dan efektif terdiri dari puluhan hal-hal kecil. Mereka hampir tak terlihat tetapi mereka ada. Lihatlah daftar ini dan pastikan untuk memecahkan masalah ini sebelum diluncurkan.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal