Financial Tips: Langkah Mengelola Kesehatan Keuangan di Tahun 2016

(Business Lounge Journal – Manage Your Finances) Berikut adalah 7 langkah terbaik yang dapat Anda lakukan dalam mengelola kesehatan keuangan untuk tahun  2016 ini:

1. Buatlah anggaran yang dapat  Anda andalkan
Mungkin anggaran tidak tampak seperti cara yang paling menarik untuk memulai target keuangan Anda, tetapi manfaatkanlah awal tahun ini untuk membuat atau merevisi anggaran Anda. Apakah Anda bekerja sendiri atau bekerja untuk orang lain, membuat anggaran adalah langkah yang tepat untuk memulai suatu kesehatan keuangan yang terbaik di awal tahun ini.

2. Memeriksa dengan rutin keuangan Anda
Mungkin ini adalah hal terakhir yang Anda ingin lakukan, tetapi mengambil waktu untuk memeriksa dengan rutin keuangan Anda adalah salah satu perubahan yang terbaik yang dapat Anda buat. Ketika Anda tahu pada segi mana uang Anda akan lebih mudah untuk dihabiskan dan juga disimpan, maka Anda secara alami pasti akan  membuat keputusan yang lebih baik. Mengatur waktu setiap minggu untuk me-review uang yang telah masuk, uang yang telah dihabiskan, dan tagihan-tagihan besar Anda yang datang. Selalu memeriksa posisi keuangan Anda adalah kebiasaan yang Anda harus ciptakan sekarang.

3. Membuat hal-hal sederhana
Jangan memperumit hal-hal yang ada. Semakin mudah Anda dapat mengelola uang Anda, maka itu semakin baik. Tutup atau mengkonsolidasikan setiap akun yang Anda tidak lagi gunakan. Tidak hanya akan membantu untuk mengurangi biaya yang tidak perlu dikenakan, tetapi memiliki hanya sedikit akun untuk dilacak akan membantu Anda menghemat waktu. Mulai membuat tabungan lebih mudah dengan menyiapkan transfer otomatis. Setelah Anda menetapkan jumlah uang yang Anda ingin simpan setiap tahun, mengatur transfer otomatis berulang dari rekening operasional ke rekening tabungan. Membuat resolusi Anda akan jauh lebih mudah ketika mereka otomatis.

4. Membayar hutang Anda
Membuat pembayaran hutang yang prioritas tahun ini. Memiliki hutang yang berlebihan dapat membebani Anda dan menjaga Anda dari mengejar perubahan-perubahan besar seperti mengambil pekerjaan baru atau bepergian. Duduk dan hitunglah hingga berapa banyak Anda berhutang, berapa banyak Anda cukup dapat memiliki hutang setiap bulan, dan berapa lama yang diperlukan untuk Anda menjadi bebas hutang. Meskipun Anda mungkin tidak bisa benar-benar bebas hutang pada tahun 2016, tetapkan target pembayaran hutang dan memprioritaskan pembayaran hutang tersebut setiap bulan.

5. Mulai investasi
Jika Anda belum mulai mengambil keuntungan dari kekuatan bunga yang ada dan mengatur rencana pensiun, jadikan tahun 2016 ini Anda mulai berinvestasi. Investasi adalah permainan yang panjang dan lebih cepat Anda memulainya, maka akan semakin baik.

6. Dapatkan lebih banyak uang
Jika Anda telah mengincar suatu proyek dengan antusias, buatlah pada tahun 2016 ini menjadi tahun Anda memasukkannya ke dalam tindakan! Apakah itu mengambil beberapa proyek menulis freelance atau menjual barang buatan tangan sendiri, mendirikan toko dan memulai bisnis sampingan tidak pernah semudah seperti sekarang ini. Memulai dengan usaha baru tidak hanya menjadikan Anda lebih kreatif, tapi berpotensi membawa uang untuk Anda dapat mencapai tujuan keuangan lainnya.

7. Jangan terlalu keras pada diri sendiri
Tahun ini pastikan juga untuk tidak begitu keras pada diri sendiri kalau anda salah langkah dalam hal keuangan. Tidak ada seorang pun yang sempurna dan meskipun Anda mungkin melakukan kesalahan, penting untuk mengakuinya dan menemukan cara untuk bergerak maju.

Apa langkah yang Anda akan mulai lakukan dalam mengelola kesehatan keuangan pada tahun 2016  ini?

iin3Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting/VMN/BL