(Business Lounge – Present Your Service) Pelanggan (customer) selalu menjadi kunci yang utama keberhasilan sebuah bisnis. Hal ini bukan lagi menjadi strategi yang asing oleh karena semua perusahaan akan berlomba-lomba untuk memperoleh keuntungan dengan mendatangkan sebanyak-banyaknya pelanggan. Namun saya sakin bahwa memperoleh pelanggan tidak dapat didapatkan begitu saja, melainkan dimulai dari dalam organisasi itu sendiri, dalam hal ini adalah bagaimana semua karyawan dapat dipastikan memiliki tujuan atau fokus yang sama. Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk dimulai secara internal untuk membangun bisnis yang yang customer centric.

1. Tentukan budaya. Jika Anda ingin memiliki budaya pelayanan yang customer-centric, makarumuskanlah bagaimana budaya tersebut seharusnya. Mulailah dengan akhir yang ingin Anda capai di dalam pikiran Anda barulah kemudian menentukan bagaimana yang harus Anda mulai untuk mencapai akhir demikian.

2. Mengkomunikasikan budaya tersebut. Sekali Anda telah memutuskan customer experience yang bagaimana yang ingin Anda alami kemudian, maka penting untuk tidak hanya menyimpannya sendiri. Melainkan Anda harus menyampaikan visi Anda untuk karyawan Anda. Rumuskanlah dengan sederhana dan buatlah pernyataan yang mengesankan yang dapat dimengerti oleh setiap orang.

3. Rekrutlah orang yang tepat. Keterampilan dan sikap adalah hal yang penting dalam memberikan layanan pelanggan yang baik, namun masih ada hal-hal lainnya. Pastikan orang yang Anda rekrut memiliki kepribadian yang tepat dan cocok dengan budaya.

4. Memberikan pelatihan. Anda tentu saja akan mempekerjakan banyak orang dari beberapa latar belakang yang beragam, tapi terlepas dari latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja sebelumnya, mereka harus dilatih dalam budaya perusahaan Anda untuk mencapai kesuksesan sesuai dengan yang Anda canangkan. Mulailah dengan pelatihan soft skill, yang berfokus pada nilai-nilai inti dan harapan layanan pelanggan.

5. Pelatihan menjadi suatu yang mandatory. Bahwa setiap orang tanpa terkecuali, termasuk manajemen, harus berpartisipasi dalam pelatihan. Kurang dalam pelatihan akan kehilangan dampaknya. Bagaimana Anda bisa menyampaikan pentingnya pelatihan jika para pemimpin tidak ikut di dalamnya? Ini akan memberikan pesan yang negatif.

6. Jadilah contoh. Semua orang, khususnya para pemimpin, harus meningkatkan layanan pelanggan mereka dan menjadi panutan bagi orang-orang di sekitar mereka. Manajemen harus memperlakukan karyawan dengan rasa hormat yang sama dan martabat yang harus diberikan kepada pelanggan – mungkin bahkan lebih – dan karyawan harus saling melayani juga.

7. Memberdayakan karyawan untuk mencapai keberhasilan. Anda telah menjabarkan harapan dari layanan pelanggan dan latihan karyawan, maka sekarang jangan terlalu membebani mereka dengan aturan yang ada pada perjalanan. Begitu mereka memiliki tool-nya, percayailah mereka dan berilah mereka kebebasan untuk melakukan apa yang diperlukan untuk memenuhi harapan Anda.

8. Berikan pengakuan/ penghargaan. Biarkan karyawan Anda tahu saat mereka berhasil melakukannya dengan baik, baik secara individu maupun kolektif. Memberikan pengakuan adalah motivator yang baik dan itu akan mendorong mereka untuk terus melakukan pekerjaan yang besar atau bahkan langkah itu ke tingkat yang lebih tinggi.

9. Mempertahankan budaya. Setiap orang harus mempertahankan budaya perusahaan. Jika Anda melihat seseorang yang tidak menjunjung tinggi visi layanan pelanggan, pergunakanlah kesempatan tersebut sebagai kesempatan untuk mengajar. Ini akan membantu karyawan untuk tumbuh dan menjadi lebih sukses di masa depan.

10. Rayakan keberhasilan. Semua orang suka apresiasi, dan berfungsi sebagai motivasi untuk masa depan juga. Biarkan orang-orang Anda tahu kapan semuanya bekerja sesuai dengan rencana. Ini bisa menjadi sesuatu yang besar, seperti annual awards dinner, atau lebih kecil, seperti sebuah artikel di newsletter atau makan siang pizza.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.