Danau Limboto, Pancaran Keindahan Alam Gorontalo

(Business Lounge – Travel) – Indonesia memang begitu memukau. Semua keindahan Indonesia, pastinya begitu membuat setiap mata yang memandangnya, akan merasa kagum. Salah satu keindahan alam Indonesia, adalah Danau Limboto yang ada di Gorontalo. Keindahan Danau Limboto, terutama di kala senja, sungguh merupakan hal yang begitu menarik mata. Danau cantik ini, terletak di Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia. Danau Limboto, merupakan danau terluas yang ada di Provinsi Gorontalo.

Danau Limboto1

Danau Limboto2

Danau Limboto9

Danau Limboto, selain indah dipandang, juga merupakan tempat masyarakat sekitar mencari nafkah, yaitu dengan cara menangkap ikan yang ada di sekitar Danau Limboto. Ikan yang ada di sekitar Danau Limboto, antara lain ikan nila dan ikan mujair. Ikan-ikan tersebut diolah dan dijual untuk dikonsumsi, dengan harga yang bisa dikatakan tidak mahal. Selain menangkap ikan, masyarakat biasanya juga mencari nafkah dari tanaman eceng gondok yang tumbuh di sekitar Danau Limboto. Bagi warga, tanaman tersebut biasanya dijadikan meja dan kursi, dengan proses pembuatan yang tentunya bisa dikatakan cukup panjang.

Danau Limboto4

Danau Limboto10

Untuk menuju ke Danau Limboto, bisa dikatakan aksesnya tidak tergolong sulit. Dari Kota Gorontalo, biasanya hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di Danau Limboto. Untuk menikmati keindahan Danau Limboto, tentunya wisatawan tidak perlu membayar untuk biaya masuknya. Karena itu, tentunya Danau Limboto bisa dinikmati oleh wisatawan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Selain wisatawan bisa memandang dan menikmati keindahannya, ada hal lain yang tentunya bisa dilakukan, antara lain bermain perahu, berenang, dan juga memancing ikan. Namun, dianjurkan bagi yang ingin berenang agar berhati-hati dan menggunakan pelampung apabila belum terlalu pandai berenang.

Danau Limboto8

Danau Limboto6

Danau Limboto7

Danau Limboto memang begitu menarik. Ya, keindahan danau ini, memang memancarkan keindahan Gorontalo yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Selain itu, akses ke danau ini yang bisa dikatakan cukup mudah, menjadi nilai tambah tersendiri bagi danau yang berada di Provinsi Gorontalo ini. Yang pasti, danau ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Danau Limboto, pancaran keindahan Gorontalo yang tak terlupakan.

Merly Yolanda/Contributor/VMN/BL
Images : Merly Yolanda
Editor : Fanya Jodie