Management Tips: Untuk Lebih Produktif di Tahun Ini (Bagian II)

(Business Lounge Journal – Empower People) Bagaimana, apakah Anda sudah mulai berubah? (Baca: Management Tips: Untuk Lebih Produktif di Tahun Ini (Bagian I). Lalu, apakah Anda sudah menetapkan rencana jangka panjang dan jangka pendek Anda?

Sekarang gunakan berbagai tools sederhana yang ada di sekitar Anda untuk merealisasikan rencana Anda.

Post-Its Notes

Tuliskanlah 3 tugas yang paling penting setiap pagi pada 3 post-its dan tempelkan pada sudut atas komputer Anda. Hal ini akan sangat berguna.

The daily to-do list

Anda pasti sudah tahu apa itu to-do-list dan mungkin juga sudah pernah membuatny. Ini adalah alat yang sangat efisien untuk dapat menjadi terorganisir dengan baik dan memotivasi Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari. Tujuan daftar ini adalah untuk Anda mencapai produktivitas Anda yang seharusnya. Jika Anda dapat membuat tujuan harian Anda pada hari ini, Anda akan mencapai lebih banyak dalam jangka panjang.

Agenda

Ini sangat mirip dengan daftar to-do-list, tetapi untuk hal ini Anda akan menempatkan semua item sesuai urutan kronologis dan Anda akan menempatkan setiap item pada waktu yang dijadwalkan. Misalnya jadwal jam mulai dari jam 08.00 pagi hingga 17.00 sore hari.

The weekly to-do list

Ini adalah to-do list untuk satu minggu, mirip dengan daftar harian. Hanya ada beberapa perbedaan. Anda menulis sebelum minggu dimulai, dan Anda menulis semua tugas-tugas yang akan Anda selesaikan selama seminggu itu walaupun Anda belum tahu persis hari apa akan menyelesaikannya. Ketika Anda akan membuat daily to-do list Anda maka daftar mingguan ini akan menjadi acuannya. Perlu diingat bahwa Anda harus sangat spesifik menuliskan pada daftar mingguan Anda. Misalnya, mengunjungi dokter untuk terapi, maka Anda perlu menambahkan berapa kali Anda harus pergi untuk terapi pada minggu itu.

The Silver Page

Terdengar sangat menarik. Silver page merupakan tool yang akan membantu Anda menterjemahkan apa yang sebenarnya ingin Anda capai baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Ini akan membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda, terutama jika Anda akan menggabungkan penggunaannya dengan alat yang disebutkan di atas (daily dan weekly to-do list). Ini merupakan halaman untuk Anda menuliskan semua ide dan tujuan yang ingin Anda capai. Tidak harus menuliskannya dengan sangat spesifik, Anda hanya perlu menuliskan ide-ide dan memperbaruhinya sesering mungkin. Halaman inilah yang akan Anda jadikan acuan saat Anda menuliskan weekly to-do list Anda. Sebagai contoh: menulis buku, mengambil sertifikasi, mencari pekerjaan baru, dan banyak hal lainnya yang ingin Anda capai.

Apakah sulit untuk menyiapkan 5 tools di atas? Tidak!

Anda akan dapat menyiapkannya dengan sangat cepat, tetapi permasalahannya adalah dapatkah Anda melakukannya dengan sangat konsisten? Penting bagi Anda setelah menetapkan tujuan yang akan Anda capai pada akhir tahun 2016 untuk mengingatnya terus dan berupaya mewujudkankannya tiap-tiap hari. Sebab begitu Anda merasa bahwa apa yang Anda ingin capai itu adalah sesuatu yang akan Anda wujudkan nanti seolah-olah masih ada banyak waktu untuk mewujudkannya, maka berhati-hatilah, sebab sepertinya kemungkinan besar Anda tidak akan mencapainya.

Oleh karena itu buatlah suatu mekanisme untuk dapat mencapainya, baik itu dalam pekerjaan, keluarga, kesehatan, persahabatan, dan semua sisi dalam kehidupan Anda.

Bersambung: Management Tips: Untuk Lebih Produktif di Tahun Ini (Bagian III)

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group