Service Excellent Tips : Good Character, The Essence Of Service Excellent

(Business Lounge – Present Your Service) – Saya teringat akan teman sekelas saya dahulu, yang juga suka menjual produk kecantikan melalui katalog. Penampilannya sederhana, orangnya pun tergolong santun, dan juga menyenangkan. Saya ingat sekali, dia bukan salah satu dari anak populer di sekolahnya, tetapi semua orang mengenalnya. Ia juga bukan orang yang pintar berjualan, dan tidak pernah secara intensif menawarkan produk kecantikannya kepada teman-temannya. Tetapi, saya berani bilang, dagangannya termasuk laris. Bahkan, teman saya ada yang bertanya “mana pesananku”? Saya sendiri pun pernah membeli produk yang dijualnya.

Saya ingat suatu saat, ada yang bertanya kepadanya mengenai produk yang dijualnya, dan dia mengatakan “nggak tahu, saya memang penjual yang tidak tahu apa-apa”. Jadi intinya, dia pun kadang mengakui, kalau product knowledge mengenai produknya itu tidak sempurna. Namun, tetap saja dagangannya laris manis. Mungkin, Anda akan bingung, mengapa dari cerita saya, teman saya itu tidak intensif berjualan, pengetahuan product knowledge tidak sempurna, tetapi dagangannya laris manis? Sebenarnya jawabannya satu saja, yaitu good character, atau bersifat baik.

Mungkin, sudah banyak teori mengenai Service Excellent yang sudah kita ketahui, seperti Customer Focus, kepandaian dalam menangani keluhan, penampilan, tutur kata, premises, dan berbagai teorinya. Tetapi, semua hal tersebut, tidak akan menjadi sukses jika penjual, customer service, dan lainnya tidak memiliki good character. Tanpa ada good character, pastinya semua teori yang sudah dipelajari, ketika dijalankan akan seperti layaknya drama saja. Dan jika menjalankan service excellent hanya layaknya drama, maka tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat, bad character dari orang tersebut akan terlihat juga.

Jika Anda adalah seorang pebisnis, mungkin Anda bertanya, bagaimana cara agar customer service maupun sales saya, memiliki good character agar bisa menjalankan service excellent dengan lebih mudah dan baik? Pelajaran apa yang harus saya berikan kepadanya?

Perlu Anda ketahui, good character, bukanlah hal yang bisa dipelajari dalam teori. Tidak seperti teori Customer Service lainnya, good character itu haruslah hal yang dibangun secara pribadi dalam diri setiap orang. Singkatnya, baik customer service Anda, sales Anda, dan karyawan lainnya yang terkait, harus punya kesadaran pribadi untuk memiliki good character. Tetapi, bagaimana agar karyawan Anda mau untuk memiliki good character dari kesadarannya sendiri? Jawabannya singkat, tetapi mungkin tidak Anda duga, yaitu : Anda harus memberi contoh, sebagai pemimpin yang baik. Itu saja!

Teman yang saya ceritakan diatas, memang memiliki good character, memang karena saya yakin orangtuanya memiliki karakter yang baik. Orangtuanya dalam hal ini telah menjadi contoh bagi anaknya, dan tak heran, anaknya memiliki good character. Jadi, di perusahaan, sebagai seorang pemimpin, Anda yang memang harus menjadi contoh dengan perilaku yang baik di mata karyawan Anda. Dengan itu, maka karyawan Anda pun akan terhisap untuk mengikuti apa yang Anda lakukan dan tanamkan kepada mereka, hanya dengan melihat contoh dari Anda sebagai pemimpin mereka.

Seseorang yang memiliki good character, maka dengan mudahnya akan menjalankan semua teori yang tertuang dalam Service Excellent. Tentunya, tetap saja semua teori Service Excellent perlu dipelajari, namun untuk mewujudkan semuanya dengan mudah, seseorang tetap harus memiliki karakter dasar yang baik terlebih dahulu. Karena itu, pastikan semua karyawan Anda memiliki good character, dan jika ada yang belum, Anda yang harus memberi contoh kepadanya bagaimana bersikap dan memiliki karakter yang baik.

Dan jika orang itu tidak berubah juga karakternya? Berarti itulah tandanya ia tidak cocok untuk bekerja di perusahaan Anda, tidak menjadi masalah, karena setiap orang punya pilihan dalam hidupnya. Tetapi, faktanya tetap harus Anda pahami, bahwa dasar untuk pelaksanaan semua teori Service Excellent harus dimulai dari karakter yang baik dalam diri setiap orang. Jadi, pastikan karyawan dalam perusahaan Anda memiliki kesadaran untuk memiliki good character. Salam sukses!

Zefanya Zefanya Jodie/VMN/BLJ/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group