Management Tips: Untuk Lebih Produktif di Tahun Ini (Bagian I)

(Business Lounge Journal – Empower People) Bagaimana Anda ketika mengakhiri tahun lalu? Apakah Anda termasuk yang memiliki sedikit penyesalan? “Kalau saja saya lebih produktif,” “Kalau saja saya belajar lebih banyak,” “Kalau saja saya melakukan ini dan itu.” Ya, memang penyesalan akan selalu datang belakangan. Anda tidak dapat membeli kembali waktu yang telah berlalu, namun Anda dapat memastikan waktu yang sedang Anda jalani saat ini.

Hal pertama yang terpenting untuk Anda lakukan adalah BERUBAH!

Untuk dapat menjadi lebih produktif Anda harus tahu apa yang ingin Anda capai? Mengapa Anda harus lebih produktif? Tingkat produktivitas yang bagaimana yang harus Anda miliki untuk mencapai impian Anda?

Sebagai contoh jika Anda sedang dalam perjalanan ke Garut maka Anda harus menetapkan untuk apa Anda ke sana. Jika untuk berlibur, maka Anda dapat berangkat kapan saja Anda mau sesuai dengan kondisi lalu lintas yang Anda dan sesuai tentu saja sesuai dengan waktu luang Anda bersama dengan keluarga. Tetapi apabila Anda pergi ke Garut untuk menghadiri sebuah pertemuan dengan klien, maka Anda tidak dapat berangkat kapan saja Anda mau. Anda harus tiba sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama sehingga Anda harus melakukan berbagai antisipasi untuk tidak terlambat. Namun hal yang berbeda saat Anda harus pergi ke sana karena ada seorang kerabat yang sakit keras. Anda tidak dapat menunggu melainkan berangkat secepat yang Anda bisa.

Sekarang apa yang ingin Anda capai pada akhir tahun ini? Apakah yang menjadi mimpi Anda? Penting untuk Anda memahami benar apa yang Anda inginkan sehingga Anda dapat memutuskan seberapa cepat Anda harus bergerak, seberapa penting Anda bertindak, dan sebagainya. Pola pikir Anda akan sangat bergantung pada apa yang akan Anda capai. Produktivitas Anda juga akan bergantung di dalamnya.

Jika hal ini sudah sangat jelas dalam benak Anda, maka saya yakin tidak ada sesuatu pun yang dapat menghentikan Anda.

Rencana Jangka Panjang dan Rencana Jangka Pendek

Saya rasa hal ini sudah ada di dalam pikiran Anda. Permasalahannya adalah apakah Anda telah melakukannya. Bila Anda sudah memiliki impian yang akan Anda capai pada akhir tahun, maka buatlah perencanaan jangka pendek yang berkaitan dengan rencana tahunan Anda. Buatlah untuk enam bulan pertama dan enam bulan kedua. Kemudian buatlah lebih rinci langkah-langkah apa yang akan Anda lakukan setiap bulannya. Masukkanlah itu semua ke dalam pikiran Anda. Jangan hanya menyimpannya pada komputer atau gadget Anda. Mungkin hal ini dapat membuat Anda stress, tertekan, cemas, apakah Anda dapat mencapai target Anda pada bulan yang bersangkutan, dan sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, tetapi Anda memang harus merasakan stress untuk dapat mencapai apa yang Anda impikan. Namun Anda harus dapat mengantisipasinya, yaitu ketika Anda tahu benar apa yang harus Anda lakukan dari sehari ke sehari.

Seperti pernah dibahas sebelumnya, maka ada beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda dalam me-manage keseharian Anda seperti Post-Its Notes, The daily to-do list, agenda, The weekly to-do list, The Silver Page untuk Anda menuliskan ide dan tujuan yang ingin Anda capai.

Bersambung: Management Tips: Untuk Lebih Produktif di Tahun Ini (Bagian II), Management Tips: Untuk Lebih Produktif di Tahun Ini (Bagian III).

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group