Cantiknya Nudibranch di Taka Bonerate, Indonesia

(Business Lounge – Travel) – Bagi penggemar bawah laut, selain coral dan ikan, ada hal lain yang menarik untuk dilihat, yaitu nudibranch. Moluska yang berada di bawah laut ini, memang bisa dikatakan mempesona. Warnanya, coraknya, serta bentuknya yang lembut, memang benar-benar mewarnai akan indahnya laut Taka Bonerate, Sulawesi Selatan, Indonesia. Umumnya, terdapat ribuan jenis nudibranch di seluruh dunia. Dan bisa dikatakan, rata-rata nudibranch yang ditemukan, berwarna indah dan selalu menarik mata para penyelam. Dalam bahasa Indonesia, nudibranch dikenal dengan nama kelinci laut.

Chromodoris anne 2 by ronald

Chromodoris by Ronald

Salah satu nudibranch yang ditemukan di Taka Bonerate adalah Chromodoris annae. Spesies ini termasuk yang sangat berwarna. Lihatlah tubuhnya yang dipenuhi warna-warni yang cerah, mulai dari biru, hitam, kuning, dan juga oranye. Panjang dari Chromodoris annae ini adalah 5 cm. Chromodoris Annae ini, memang sungguh menarik perhatian, karena warna cerah yang terpancar dari tubuhnya, benar-benar membuat setiap mata yang memandangnya merasa kagum.

Nembrotha kurbayana Ronald

Nembrotha sp 5 by Ronald

Nembrotha sp 6 by Ronald

Selain Chromodoris Annae, banyak nudibranch yang dapat ditemukan disana, Nudibranch lainnya yang dapat dilihat di Taka Bonerate, antara lain Nembrotha kubaryana dan Nembrotha sp 5. Baik Nembrotha kubaryana, maupun Nembrotha sp semuanya berwarna yang menarik, seperti nudibranch pada umumnya. Tubuh Nembrotha kubaryana, biasanya didominasi oleh warna hitam, selain itu ada juga warna oranye dan juga dengan garis berwarna hijau yang menjadi ciri khasnya. Panjang daripada Nembrotha kubaryana adalah 120 mm. Sedangkan Nembrotha sp 5, warna dari tubuhnya didominasi oleh warna putih dan cokelat.

Spanish Dancer by Ronald

Selain nudibranch yang berukuran kecil, ada juga nudibranch berukuran cukup besar yang ada di Taka Bonerate, yaitu Spanish dancer. Ukurannya bisa dikatakan cukup besar, yaitu sekitar 20-30 cm. Warna dari Spanish dancer ini adalah merah dan oranye, dengan ada warna putihnya juga pada tubuhnya.

Nudibrach dengan aneka warnanya, memang merupakan salah satu daya tarik Taka Bonerate, selain dari ikan dan juga coral yang mempesona disana. Banyaknya nudibranch yang dapat dilihat di Taka Bonerate, memang membuat keindahan Taka Bonerate semakin terlihat nyata. Menemukan nudibranch di Taka Bonerate pun bisa dikatakan tidak sulit, karena hampir ada di setiap titik penyelaman disana. Bahkan, ada titik dimana bisa ditemukan nudibranch dalam bentuk yang banyak, yaitu Nudibranch Village.

eksplore spot dive 323

Halgerda batangas

IMG_5189

IMG_4965

IMG_0054

Nudibranch yang menghuni bawah laut Taka Bonerate, memang sungguh mempesona. Beragam jenis dan warnanya, tentunya sanggup menarik mata bagi para penyelam yang memandangnya. Selain Chromodoris annae, Nembrotha kubaryana, Nembrotha sp.5 dan Spanish dancer, begitu banyak lagi nudibranch yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan warnanya di Taka Bonerate. Beragam nudibranch cantik yang ditemukan di Taka Bonerate, memang sungguh memperlihatkan keindahan bawah laut Taka Bonerate yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Memang, keindahan Taka Bonerate, sungguh akan memberikan kenangan manis bagi siapapun yang mengunjungi dan memandangnya.

Fanny Sue/ Journalist/VMN/BL
All photos by : Ronald Yusuf
Editor : Fanya Jodie