Ekonomi Sulit? Tetap Siapkan Reward Anda

(Business Lounge Journal – Empower People) Banyak para pelaku usaha sedang mengambil posisi menunggu untuk melihat bagaimana kondisi perekonomian yang akan terjadi pada tahun ini. Namun demikian, bukan berarti Anda juga menunggu untuk memberikan reward kepada para pekerja Anda, bukan?

Memasuki tahun yang baru maka berarti waktunya untuk mempersiapkan reward yang dapat Anda berikan kepada pekerja Anda berkaitan dengan kinerja pada tahun lalu. Apabila reward selalu dikaitkan dengan besarnya jumlah rupiah maka hal ini mungkin menjadi suatu yang mengkuatirkan bagi Anda. Namun tidak demikian seharusnya. Ada banyak cara untuk menghargai kinerja anak buah Anda. Jika pada tahun lalu Anda masih dapat memberikan liburan mewah atau pun jumlah uang tunai yang cukup besar untuk bonus, mungkin saat ini hal itu tidak dapat Anda terapkan. Lalu bagaimanakah dapat memberikan reward bagi para pekerja Anda?

Hal ini mungkin sudah kita bahas berkali-kali namun tidak ada salahnya untuk memberikan beberapa pilihan bagi Anda.

Pujian. Hal ini mungkin tampak sedikit ketinggalan zaman, namun komentar positif dapat terus berlaku. Saya rasa Anda pun akan senang setiap saat kinerja Anda diakui dan Anda mendapatkan penghargaan. Memberikan pujian adalah hal yang paling sederhana yang dapat langsung diberikan kepada pekerja Anda. Jika seorang karyawan telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk sebuah proyek atau melakukan presentasi yang membanggakan, maka upayakanlah untuk langsung memberikan apresiasi. Jika itu diberikan oleh sesama partner maka mungkin sudah sering diperoleh, namun pujian dari atasan tentulah menjadi sesuatu yang ditunggu. Lalu bagaimana dengan pujian yang diberikan di hadapan para pelanggan? Anda dapat mencobanya. Ketika Anda tahu bahwa seorang pekerja telah melakukan hal yang sangat berarti, dan suatu hari Anda melihat ia sedang menangani pelanggan, tidak ada salahnya Anda berhenti sejenak menyapa sang pelanggan dan kemudian menyalami pekerja Anda sambil mengucapkan selamat. Hal ini pasti memberikan penghargaan yang berbeda, pertama sang karyawan akan merasa sangat dihargai, kedua pelanggan akan mendapatkan kesan yang positif bahwa perusahaan Anda menghargai karyawannya.

Delegasi. Bagi banyak orang pemberian tugas tidak tampak sebagai pemberian penghargaan. tetapi hal ini sesungguhnya menunjukkan pemberian kepercayaan. Lakukanlah pendelegasiaan yang disertai dengan pemberian hak istimewa yang akan sangat dihargai oleh pekerja. Misalnya, Anda tidak hanya memberikan tanggung jawab untuk mengontrol pekerja dengan jumlah yang lebih besar, namun juga Anda memberikannya kepercayaan untuk hadir dalam rapat bulanan dengan pemilik perusahaan. Hal ini tentu saja akan menjadi suatu penghargaan baginya.

Promosi. Bagi banyak orang kenaikan jabatan kadang kala lebih dari sekedar kenaikan gaji. Walaupun ada juga mereka yang lebih mementingkan kenaikan gaji daripada jabatan. Namun sesungguhnya kepercayaan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi tentu saja sebuah penghargaan yang tidak dapat dinilai dengan uang, walaupun masalah pendapatan dan manfaat tentu saja akan mengikuti. Siapakah yang paling cocok mendapatkan promosi. Mereka yang berhasil membawa perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih besar? Tentu saja. Namun tidak hanya mereka, cobalah memperhatikan para pekerja yang sudah memiliki masa kerja yang cukup lama. Mungkin mereka tidak berhubungan langsung dengan masalah penerimaan keuntungan tetapi bisa saja ia memiliki kontribusi yang tidak dapat dipandang sebelah mana, Anda patut menghargainya. Terutama mereka yang telah ada dan ikut serta pada masa-masa sulit yang harus dilalui oleh perusahaan. Cobalah untuk menghargai mereka dan memberikan kepercayaan lebih.

Fleksibiltas. Untuk perusahaan-perusahaan kecil dengan hanya beberapa karyawan, jadwal yang fleksibel adalah cara yang bagus untuk membuat karyawan Anda tahu bahwa Anda menghargai dan memahami bahwa hidup mereka dapat menjadi sibuk di luar kantor. Memberikan kepercayaan bahwa pekerja Anda dapat mengatur waktu kerjanya sesuai dengan kebutuhan atau gaya hidupnya dapat menjadi sebuah penghargaan baginya. Oleh karena adanya kepercayaan yang diberikan maka hal ini akan menumbuhkan suatu rasa tanggung jawab yang lebih lagi yang membuat si pekerja dapat merasa tidak enak jika tidak memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya. Di satu sisi beberapa pemberi kerja merasa kuatir bila memberikan fleksibilitas pada pekerjanya maka dapat disalahgunakan. Namun bagi sebagain lainnya hal ini merupakan sebuah senjata untuk meminta tanggung jawab yang lebih.

Namun demikian ada baiknya untuk Anda tetap memperhitungkan uang tunai yang dapat Anda berikan sebagai bonus bagi pekerja Anda. Baik dalam bentuk lump sum maupun dalam bentuk pembayaran tiap bulan yang diakomodir lewat kenaikan gaji.

Ya, Anda memang tidak tahu bagaimana kondisi perekonomian pada tahun ini, tetapi penghargaan tetaplah sesuatu yang Anda lakukan.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group