(Business Lounge Journal – Empower People) Akhir tahun seperti ini apa yang sedang Anda buat? Sedang memikirkan planning 2016? Program marketing apa yang cocok untuk tahun depan? Memikirkan mencapai goal? Atau mengatasi tantangan tahun depan? Yuk gunakan forward thinking.

Forward thinking akhir-akhir ini populer dan merupakan sesuatu yang banyak dibicarakan untuk menjadi habit dalam berpikir. Istilah yang tidak biasa bagi sebagian orang namun bila diterjemahkan artinya adalah berpikir ke depan. Memang bagi sebagian orang berpikir adalah “sekarang”, yang dipikirkan adalah apa yang sedang terjadi tentunya. Filosofi forward thinking mengajarkan kepada kita untuk berpikir ke depan, berpikir lebih maju, berpikir sebelum gagal, berpikir sebelum menyesal. Menurut Cambridge arti forward thinking adalah: thinking about, planning for, or considering the future, rather than just the present.

Pola Pikir Sukses

Forward thinking sebenarnya bukan hal baru. Sejak dahulu, para pemimpin yang sukses sudah menggunakan pola pikir forward thinking. Ketika menggunakan forward thinking pada masa yang akan datang dengan sendirinya ada unsur rencana di dalamnya untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi. Rencana ini harus dibuat dengan mempertimbangkan semua kemungkinan ke depan yang dapat terjadi, baik itu buruk maupun baik. Mempertimbangkan masak-masak dan membuat perencanaan yang lebih matang ketimbang hanya memperhatikan kondisi saat ini. Dengan demikian sebenarnya forward thinking adalah suatu pemikiran yang tidak asal-asalan, tidak “abal-abal” dan tidak instan, sebab memang benar-benar harus dipikirkan

Kita mungkin cenderung terfokus pada apa yang sedang terjadi. Namun kita harus melatih diri agar setiap keputusan yang kita ambil dapat teraplikasi juga untuk mengantisipasi hal yang akan datang. Kapankah pola pikir ini berguna? Pola pikir ini akan sangat berguna untuk:

  1. Membuat suatu program tahunan.
  2. Memecahkan masalah (problem solving).
  3. Membuat long term planning yang menyangkut pencapaian goal dan perfomance serta visi perusahaan.

Forward Thinking Exercises

Berikut ini adalah beberapa cara melatih diri menggunakan forward thinking:

1. Looking Backward

Melatih diri untuk melihat ke belakang dan mempelajari apa yang sudah terjadi akan mendorong untuk berpikir ke depan.

2. Generating New Ideas

Berpikir ke depan tidak terlepas dari harus terbiasa kreatif menciptakan ide-ide baru (creative thinking). Sebab pasti akan banyak dibutuhkan ide-ide segar yang menjadi solusi di masa yang akan datang.

3. Exploring Future

Berpikir ke depan selalu terkait masa depan dan untuk itu Anda harus belajar untuk melatih diri memikirkan masa depan, termasuk menganalisa tantangan jaman dan segala sesuatu yang mungkin Anda akan hadapi di tahun yang akan datang. Harus berlatih untuk melakukan eksplorasi dan banyak membaca akan sangat membantu wawasan Anda dalam melakukan eksplorasi ini.

4. Considering

Berlatihlah untuk mempertimbangkan segala sesuatu. Untung ruginya, negatif positifnya, kelebihan dan kekurangannya, mahal murahnya, segala sesuatunya.

Keempat hal ini adalah dasar untuk memiliki forward thinking yang baik. 2016 sudah di hadapan kita, ayo gunakan forward thinking untuk pencapaian yang lebih baik!

Vera HerlinaVera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.