Tips Mengubah 2015 Menjadi Kemenangan 2016

(Business Lounge Journal – Empower People) Apapun boleh terjadi dalam tahun ini. Semua yang menyenangkan, yang menyedihkan, yang lucu, yang disesalkan, atau apapun, semua sudah berlalu. Waktu tak mungkin kembali, tak bisa diulang dan tak mungkin kita ubah semua yang sudah lalu.

Namun tahun 2016 berada di depan, harapan besar untuk perubahan yang lebih baik. sd Menuju 2016, Anda dapat mengubah 2015 menjadi harapan untuk 2016. Bagaimana mengubah waktu yang sudah lalu menjadi sebuah kemenangan?

Berikut ini adalah 10 langkah yang dapat Anda lakukan sebelum tahun berakhir untuk mengubah semua yang sudah berlalu menjadi kemenangan sehingga Anda dapat memulai awal tahun Anda dengan gemilang.

1. Buat kaleidoskop kehidupan Anda, catat semua moment yang Anda anggap penting bagi Anda.

2. Ucapkan syukur untuk semua hal yang sudah terjadi baik itu hal yang positif maupun negatif. Hal yang menyedihkan maupun yang menyenangkan.

3. Jika ada kegagalan, ketimbang Anda menyesali kegagalan, lebih baik Anda menelaah apakah hal yang perlu Anda pelajari dan perbaiki agar di tahun 2016 kegagalan itu tidak akan terulang lagi.

4. Jika ada keberhasilan, sama dengan kegagalan, pelajari letak keberhasilan Anda agar dapat berulang di tahun depan dan bahkan tingkatkan lagi yang perlu Anda tingkatkan agar semakin baik.

5. Ingat-ingat semua teguran baik dari teman, atasan, istri atau suami, orang tua atau siapapun dan catat. Kalau sampai hari ini ada teguran yang sulit Anda terima, tundukkan pikiran Anda untuk menerimanya dan ubah pikiran Anda sebagai berikut:”Jika aku terima teguran ini, tidak ada ruginya bukan? Malah menguntungkan untuk aku sendiri.”

6. Buatlah harapan-harapan Anda untuk tahun 2016, dalam hal apapun yang Anda inginkan. Bayangkanlah harapan-harapan Anda itu terjadi, Anda pasti akan semakin bersemangat memasuki tahun 2016.

7. Buatlah komitmen untuk semua hal yang ingin Anda ubah per tanggal 31 Desember 2015 dan catatkan di note handphone atau tablet Anda untuk Anda cek kembali pada tahun depan, apakah semua komitmen itu sudah Anda lakukan. Komitmen ini dapat bagi menjadi komitmen atas pekerjaan, keluarga, kegiatan sosial, pribadi Anda seperti penurunan berat badan, pola hidup sehat dan sebagainya.

8. Ceritakan komitmen Anda dengan orang yang terdekat dengan Anda, apakah itu suami, istri atau sahabat dekat agar orang terdekat Anda dapat membantu mengingatkan Anda akan komitmen Anda tersebut.

9. Buatlah momentum di akhir tahun ini untuk menutupnya dengan kegembiraan dan bukan kesedihan.

10. Hal yang terakhir adalah naikkanlah doa dalam momentum ini agar semua harapan Anda tercapai.

Jika 2015 adalah tahun kegagalan semoga 2016 berubah menjadi tahun keberhasilan bagi Anda. Jika tahun 2015 adalah tahun prestasi maka semoga 2016 lebih baik lagi. Selamat tahun baru 2016!

Vera HerlinaVera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group