Hebatnya Michael Jordan Mempengaruhi Nama Nike

(Business Lounge Journal – Global News) Nama Michael Jordan ternyata sangat berpengaruh pada nama besar produsen sepatu Nike. Sehingga produsen alas kaki terbesar di dunia ini memiliki rencana untuk tidak hanya mengembangkan sepatu Jordan tetapi juga pakaiannya. Juga tidak hanya secara lokal tetapi juga secara internasional.

Pembuat sepatu atletik itu juga berharap untuk ke depannya merek yang identik dengan slam dunk itu akan menunjukkan hasil yang kuat pada kuartal yang terakhir, demikian seperti dikatakan perusahaan pada Selasa (22/12) dikutip dari Fortune. Diharapkan peningkatan akan mencapai dua digit, dibandingkan sebelumnya yang hanya mencapai satu digit.

Kuartal yang kuat untuk sepatu Jordan juga menjelaskan mengapa para eksekutif Nike pada bulan Oktober menetapkan target penjualan tahunan sebesar USD 4,5 miliar untuk lini produk Jordan ini. Saat ini, Jordan adalah merek alas kaki di AS yang sebagian besar digunakan oleh kaum Adam. Tetapi Nike sedang berpikir untuk membuat sepatu Jordan ini juga dapat digunakan oleh para perempuan dan juga akan diperluas secara internasional. Strategi ini juga sudah digunakan oleh merek Converse untuk sepatu Chuck Taylor termasuk produk pakaian.

“Kekuatan merek ini jauh melampaui permainan,” demikian dikatakan Trevor Edwards, Presiden Nike pada Selasa (22/12) seperti dilansir oleh Fortune. “Ini adalah awal dari sebuah era baru yang menarik untuk Jordan,” demikian dilanjutkannya. Pengecer di luar juga berharap untuk mendapatkan keuntungan dari perluasan merek Jordan, yang pertama kali bergabung dengan Nike pada tahun 1984. Misalnya saja pengecer Footaction dari Foot Locker yang telah membuka beberapa toko Flight 23 untuk memberikan ruang yang lebih untuk produk Jordan.

Basket adalah kategori penting bagi Nike, yang awal bulan ini menandatangani kesepakatan “seumur hidup” dengan bintang NBA saat ini LeBron James. Itu adalah taruhan bahwa debut James akan sangat menjual bahkan setelah dia mundur dari dunia olahraga.

Nike juga melaporkan pertumbuhan laba yang lebih baik dari perkiraan untuk kuartal kedua, berita ini juga telah mendongkrak harga saham ke level tertinggi sepanjang masa pada Selasa (22/12) demikian seperti dilansir oleh Fortune.

“Kami melihat peluang yang sangat besar ke depan seperti saat kami memasuki tahun Olimpiade dan Kejuaraan Eropa,” demikian juga dikatakan CEO Nike Mark Parker.

Pencapaian Nike pun sangat mengesankan di sebagian besar pasar utama. Total pendapatan tumbuh 4% menjadi USD 7,7 miliar, dan naik 13% tidak termasuk dampak yang terkait dengan menguatnya dolar. Beberapa pertumbuhan yang paling mengesankan terjadi di Tiongkok, Jepang, dan di seluruh Amerika Utara.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal