Tiga Hal yang Dapat Anda Lakukan Sebagai Pemimpin di 2016

(Business Lounge Journal – Lead and Follow) Apakah Anda dapat mengatakan bahwa Anda telah berhasil dalam kepemimpinan Anda pada tahun ini? Ataukah masih banyak hal yang Anda rasa harus diperbaiki? Tidak masalah! Tentu saja Anda dapat memulai sesuatu yang baru pada tahun depan. Berikut ada beberapa hal utama yang harus Anda pastikan bahwa Anda dapat melakukannya dengan baik.

Bekerja!
Dalam setiap kelompok biasanya ada kelompok yang cenderung berbicara daripada bekerja (apakah itu mengeluh, menggurui, mendefinisikan pekerjaan, serta mendelegasikan pekerjaan). Sedangkan kelompok lain cenderung akan melakukan pekerjaan tanpa banyak kata-kata. Coba evaluasi diri Anda, apakah Anda termasuk yang mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan? Anda memang tentu akan membutuhkan karyawan dalam organisasi Anda. Namun penting bagi Anda untuk menjadi contoh orang yang bekerja.

Apakah Anda cenderung untuk fokus pada hal-hal yang bukanlah merupakan “pekerjaan Anda,” atau apakah Anda bersedia untuk mengambil pekerjaan apa pun untuk membantu perusahaan atau pelanggan. Sebagai contoh seorang GM di sebuah supermarket ketika melihat sebuah tumpukan barang yang menghalangi sementara supermarket ramai pengunjung maka tanpa harus menunggu ada petugas yang datang untuk membenahi, maka dengan sigap merapikan tumpukan barang tersebut sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi pengunjung yang lalu lalang.

Melebihi Ekspektasi
Kapankah Anda telah memiliki pengalaman yang menonjol bagi Anda? Layanan apakah yang dapat Anda berikan? Contoh seperti yang ditawarkan oleh penjual sepatu Zappos yang mengatakan bahwa perusahaan akan mengirimkan pesanan kepada pelanggan dalam dua hari, namun baru semalam pesanan telah tiba. Hal ini tentu saja akan menyenangkan pelanggan. Bagaimana Anda sebagai seorang pemimpin? Apakah Anda melakukan pekerjaan Anda “seperti yang diharapkan” atau di atas ekspektasi? Apakah klien Anda adalah pelanggan internal yang (rekan kerja) atau pelanggan eksternal, top performer terus memikirkan cara untuk melakukan lebih lagi.

Sebagai langkah yang baik, buatlah daftar fungsi umum yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pemimpin. Kemudian pikirkanlah “tambahan” yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan layanan Anda.

Tambahkan Pengetahuan
Bagaimanapun juga pengetahuan akan terus bertambah. Pengetahuan hari ini akan berbeda dengan kemampuan tahun lalu. Sehingga penting bagi Anda untuk dapat belajar setiap tahun. Para profesional top di industri cenderung terus-menerus menambahkan pengetahuan mereka. Baik melalui membaca, mengidentifikasi buku bisnis yang akan membangun keterampilan atau perspektif baru. Tidak hanya lewat membaca, namun dapat juga dengan mendengarkan pengetahuan dalam bentuk audio, podcast, atau melalui video.

Alasan paling umum untuk tidak belajar adalah bahwa Anda “tidak mempunyai waktu.” Mengatakan Anda tidak mempunyai waktu sama saja dengan mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah prioritas. Anda dapat mendengarkan podcast atau audiobook selama perjalanan Anda, di kamar mandi, atau saat berolahraga.

Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan berbincang dengan meraka yang dapat membagi pengetahuan dengan Anda. Sebelum memasuki tahun baru, buatkah daftar hal-hal apa saja yang akan Anda pelajari pada tahun mendatang dna belajarlah untuk menepatinya. Misalnya saja dengan menyediakan satu hari per minggu untuk belajar dari berbagai sumber yang dapat Anda temui.

Tahun 2015 akan segera berakhir, Anda telah dapat mengevaluasinya dan mengetahui benar dalam hal apa Anda merasa kurang dan harus belajar lebih lagi. Lakukanlah dan manfaatkanlah kesempatan yang ada untuk terus belajar dan memberikan yang terbaik sebagai seorang pemimpin.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal