Perayaan Hari Ibu di Seluruh Dunia

(Business Lounge Journal – News) Hari ini rakyat Indonesia memperingati hari ibu secara nasional. Sebuah hari yang tidak hanya diperingati di Indonesia namun juga oleh banyak negara pada tanggal yang berbeda dan juga dengan cara yang berbeda di seluruh dunia. Namun berbagai negara memiliki sebuah penghormatan pada seorang ibu melalui tradisi mereka masing-masing.

Indonesia
Di Indonesia, kita merayakan hari Ibu pada tanggal 22 Desember. Cukup berbeda dengan negara-negara lain yang banyak merayakan pada bulan Mei. Pada peringatan ini biasanya anak-anak akan mengabil waktu untuk berterimakasih pada ibu, memberikan bunga, kartu, atau pun makanan. Tetapi memang peringatan hari ibu di Indonesia bukanlah sesuatu yang dirayakan secara besar-besaran.

Amerika dan Australia
Di kedua negara ini, hari ibu dirayakan bersamaan dan dirayakan dengan antusias. Pada hari ini orang merefleksikan pentingnya ibu dalam kehidupan mereka dan berterima kasih atas cinta tanpa syarat dan dukungan mereka. Hari Ibu dirayakan di Amerika Serikat di jalan besar dan telah dikomersialisasikan untuk sebagian besar. Hal ini dianggap sebagai hari besar berikutnya setelah Natal dan Hari Kasih Sayang. Lalu lintas komunikasi telepon bertambah juga penjualan kartu akan mencapai puncaknya, begitu juga restoran akan bertambah penuh dengan kapasitas maksimal. Tradisi untuk hari ini umumnya mencakup hal-hal seperti sarapan di tempat tidur, memberikan bunga, kartu atau hadiah, dan acara makan bersama dengan para ibu. Ada tradisi memakai anyelir berwarna pada hari ibu bagi mereka yang masih memiliki ibu, sedangkan bagi mereka yang sudah tidak memiliki ibu akan menggunakan anyelir putih untuk menghormati sang ibu. Selain ibu mereka sendiri, anak-anak menghormati nenek mereka, dan wanita lain yang mencintai dan merawat mereka sebagai seorang ibu.

Kanada
Di Kanada, kartu dan bunga adalah metode yang paling umum digunakan untuk mengekspresikan cinta untuk ibu. Hari Ibu adalah festival paling populer setelah Natal dan Hari Kasih Sayang. Sama seperti di Amerika Serikat, Hari Ibu di Kanada dirayakan di hari Minggu kedua di bulan Mei. Sebagai Hari Ibu adalah festival dengan nilai emosional yang kuat, telah dikomersialisasikan untuk sebagian besar dengan strategi iklan yang menarik di negara berteknologi maju dari Kanada.

Prancis
Prancis tidak merayakan Hari Ibu pada hari Minggu kedua bulan Mei sebagai orang Amerika lakukan. Sebaliknya, hari khusus ibu dicadangkan untuk hari Minggu terakhir di bulan Mei. Sebuah makan malam keluarga adalah norma, dan tradisional menghormati ibu dengan menyajikan kue yang terlihat seperti karangan bunga.

India
Perayaan hari ibu di India dilakukan pada hari Minggu kedua bulan Mei namun ini hal yang sangat baru di India dan dapat dikatakan bahwa dalam kurun waktu kurang dari satu dekade, Hari Ibu telah sukses besar. Ini adalah prestasi yang luar biasa untuk sebuah festival asing untuk membuat kehadirannya terasa di negara yang luas dan beragam budaya seperti India. India juga mengambil hari ibu sebagai waktu terlalu merefleksikan pentingnya ibu dalam hidup mereka. Mereka mengambil saatnya untuk berpikir tentang semua rasa sakit ibu dan bagaimana mereka membutuhkan ibu saat mereka sakit, serta semua pengorbanan yang seorang ibu lakukan sehingga mereka menjalani hidup yang lebih baik. Di ibukota New Delhi, Hari Ibu dirayakan di jalan besar dan telah dikomersialisasikan untuk sebagian besar. Perusahaan besar meluncurkan berbagai produk yang berorientasi wanita. Restoran juga mencoba untuk memikat orang dengan iklan-iklan yang menarik. Media juga menciptakan hype besar tentang hari dengan program dan fitur khusus.

Irlandia
Di Irlandia, Hari Ibu tidak dirayakan pada hari yang sama seperti di AS. Perayaan Hari Ibu di Irlandia berlangsung pada hari Minggu keempat di bulan puasa Prapaskah. Sejarah merayakan hari ibu di Irlandia, dapat ditelusuri pada praktek di abad pertengahan saat anak-anak dari keluarga miskin yang dikirim untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan magang untuk bekerja dengan orang kaya. Setelah pada tahun di tengah Prapaskah anak-anak ini diberi hari libur untuk mengunjungi ‘Mother Church’ dan mengingat Perawan Maria. Setelah mengunjungi Mother Church atau Katedral kota asal mereka, maka anak-anak ini juga mengunjungi ibu mereka dan memberikan bunga yang diambil dari sepanjang jalan. Pada hari ibu, orang di Irlandia sekarang memberikan bunga dan kartu untuk ibu mereka sebagai pengungkapan cinta dan syukur.

Meksiko
Di negara Amerika Utara Meksiko, Hari Ibu dirayakan pada hari yang tetap 10 Mei. Hari Ibu di Meksiko dirayakan secara penuh warna. Anak-anak menghormati ibu mereka dan berterima kasih kepada mereka atas upaya mereka dalam membawa mereka dan Menurut kebiasaan di Meksiko, putra dan putri membuat diri mereka hadir di rumah pada malam Hari Ibu pada 9 Mei. Titik puncak dari acara ini adalah orkestra.

Selandia Baru
Hari ibu di Selandia Baru dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Festival Hari Ibu ternyata menjadi hari besar bagi masyarakat Selandia Baru. Ada euforia besar atas hari dan orang-orang merayakan hari dengan pergi keluar untuk piknik dan makan malam. Orang akan membeli hadiah untuk ibu mereka, nenek, dan teman-teman serta kerabat wanita. Bunga dan kartu akan sangat laris pada saat itu.

Afrika Selatan
Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Orang Afrika Selatan mengakui pentingnya ibu dalam kehidupan mereka dan menjadikan waktu tersebut kesempatan untuk berterima kasih kepada para orang tua. Anak-anak hadir mengunjungi ibu mereka dengan hadiah buatan sendiri sedangkan yang tua membeli hadiah untuk ibu mereka. Di Afrika Selatan, hari ibu diambil sebagai kesempatan untuk berterima kasih bukan hanya ibu tetapi juga nenek dan wanita yang seperti ibu-ibu.

Spanyol
Hari Ibu di Spanyol dirayakan pada tanggal 8 Desember. Spanyol membayar upeti tidak hanya untuk ibu mereka sendiri pada hari ini, tetapi juga untuk Bunda Maria. Hari Ibu di Spanyol termasuk perayaan keagamaan di seluruh negeri.

Inggris
Hari Ibu di Inggris dirayakan dengan kegembiraan besar dan semangat tetapi tidak jatuh pada tanggal yang sama seperti di AS. Di Inggris, perayaan Hari Ibu berlangsung pada hari Minggu keempat di bulan puasa prapaskah. Sejak hari-hari puasa tidak tetap, tanggal untuk hari ibu berubah setiap tahun. Hari Ibu datang untuk dirayakan di Inggris pada abad ke-17. Tradisi merayakan Hari Ibu mulai lebih awal di Inggris daripada mulai di Amerika Serikat. Bahkan, Inggris adalah negara pertama di dunia yang mendedikasikan hari untuk ibu sejak tahun 1600-an. Pada saat ini, makna asli dari ibu minggu telah hilang dan telah mengambil bentuk dan nama Hari Ibu di AS. Di Inggris, ada tradisi membuat kue almond yang kaya untuk ibu disebut ‘Mothering Cake’ atau ‘Simnel Cake’ pada hari ibu.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : wikipedia