Para Usahawan yang Memulai Karir di Masa Tuanya.

(Business Lounge – News and Insight) Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak orang muda yang terinspirasi dari kisah bagaimana Mark Zuckerberg, Jack Dorsey, Elon Musk, atau berderet nama pengusaha yang mencapai kesuksesan pada masa mudanya. Namun demikian penting untuk Anda ketahui bahwa kesuksesan tidak bergantung pada berapa usia Anda saat ini atau kapan Anda mulai berupaya menjalankan bisnis Anda. Namun kesukesan akan bergantung pada seberapa tekun Anda menjalani karir Anda dan apakah memang Anda memiliki kegigihan untuk memperjuangkannya.

Berapa pun usia Anda saat ini, tidak ada kata terlambat bagi Anda untuk mulai mencoba berbisnis. Bahkan untuk beberapa tokoh, mereka justru mencapai keberhasilan bisnis mereka pada usia pensiun mereka. Jadi, jika Anda melihat semua pengusaha muda yang sangat sukses, sementara usia mereka belum lagi mencapai 30 tahun, hal tersebut bukan berarti bahwa Anda telah terlambat berkarya. Coba lihat bagaimana tokoh-tokoh di bawah ini telah mencapai kesuksesan mereka justru pada masa tua mereka.

Harland ‘The Colonel’ Sanders (1890 – 1980) – KFC

Colonel Sanders menapaki kesuksesannya di usianya yang ke-62 tahun saat ia berhenti menjadi seorang pengacara dan memulai bisnisnya membuat rumah makan yang kemudian berkembang pesat dan mendunia.

“I think a dream is just a suggestion to start something out, do something”

Chaleo Yoovidhya (1923 – 2012) – Red Bull

Yoovidhya lahir di keluarga yang berkekurangan namun kemudian ia pindah ke Bangkok dan memulai bisnisnya, TC Pharmaceuticals pada usianya yang ke-61. Setelah bertemu dengan seorang usahawan dari Austria, Dietrich Mateschitz, maka mereka memutuskan untuk memasarkan minuman tonik milik Yoovidhya secara internasional.

Ray Kroc (1902 – 1984) – McDonald’s

Ray Kroc menjual mesin pembuat milkshake pada McDonald bersaudara di San Bernadino, CA, Kroc membujuk mereka untuk mereka dapat menjadi franchise atas bisnis ini bahkan menjual perusahaan tersebut. Kroc mencapai keberhasilan bisnisnya pada usia yang ke-52 tahun.

“All money means to me is a pride in accomplishment.”

Robert Noyce (1927 – 1990) – Intel

Noyce lulus pada tahun 1953 dan bekerja pada dunia teknologi Namu pada akhirnya ia akan berupaya saat ia menemukan Intel pada usia 41 tahun.

Henry Ford (1863 – 1947) – Ford Motor Company

Memulai kesuksesannya pada usianya yang ke-4o tahun. Ia menyimpang dari apa yang diinginkan orang tuanya agar ia mengambil alih ladang orangtuanya. Pada usianya yang ke-16 ia meninggalkan rumah dan mendapatkan pekerjaan sebagai machinist di Detroit.

When everything seems to be going against you, remember that the airplane takes off against the wind, not with it.

Donald (1928 – 2009) dan Doris Fisher (1932 – )

Donald ini sempat merasa putus asa utnuk mendapatkan jeans yang cocok untuknya. Hal inilah yang membawanya ke bisnis fashion sehingga lahirlah GAP.

Nama-nama di atas menunjukka bahwa umur bukanlah penghalang untuk meraih kesuksesan.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal