Ericsson dan Apple Akhirnya Tandatangani Kesepakatan Bersama

(Business Lounge Journal – Global News) Produsen ponsel Swedia Ericsson mengumumkan telah menandatangani kesepakatan lisensi paten dengan Apple Inc, untuk mengakhiri sengketa selama setahun dan berdampak pada meningkatnya harga saham sampai 7 persen pada Senin (21/12).

Ericsson tidak memaparkan berapa banyak yang akan diperoleh dari kesepakatan tersebut, tetapi diperkirakan pendapatan keseluruhan dari hak kekayaan intelektual pada tahun 2015 akan mencapai USD 1.52 – USD 1.64 miliar atau sekitar 21 – 22.6 triliun rupiah, termasuk efek positif dari penyelesaian dengan Apple, naik dari 9,9 miliar crown pada tahun 2014.

Bank investasi ABG Sundal Collier mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien yang diyakini bahwa kesepakatan tersebut berarti Apple akan dikenakan biaya sekitar 0,5 persen dari pendapatan pada iPads dan iPhone oleh Ericsson.

Chief Intellectual Property Officer Ericsson Kasim Alfalahi mengatakan kesepakatan itu bersifat luas, mencakup teknologi ponsel generasi terbaru 4G-LTE, serta sebelumnya teknologi 2G dan 3G. “Ini berarti kita dapat terus bekerja dengan Apple di berbagai bidang seperti jaringan radio 5G dan optimalisasi jaringan,” demikian dikatakan Alfalahi seperti dilansir oleh Reuters.

Ericsson memang mengkomplain Apple terhadap pembayaran lisensi teknologi ponsel pada bulan Januari, menanggapi gugatan yang diajukan oleh pembuat iPhone pada bulan tersebut. Banyak pendapat yang mengatakan jika dispute dengan Apple diselesaikan dengan cara Ericsson, perusahaan AS harus membayar antara 2-6 miliar crown Swedia setiap tahunnya, berdasarkan perkiraan dari tingkat penjualan handset dan pembayaran royalti per telepon demikian seperti dilansir oleh Reuters.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :