Menciptakan Lingkungan Kerja yang “Happy”

(Business Lounge Journal – Empower People) Jika ditanyakan kepada Anda apakah yang membuat Anda merasa bahagia di kantor? Apakah jika Anda diperbolehkan untuk mendengarkan musik kencang-kencang? Ataukah, jika Anda sering ditraktir makan siang? Atau, apabila Anda memperoleh jabatan yang tinggi?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Metrofax, sebuah perusahaan layanan internet melakukan kompilasi bilamana sebuah kantor dikatakan bahagia sehingga meningkatkan moril dan produktivitas di tempat kerja. Hal-hal tersebut meliputi adanya media sosial, penghargaan, musik, dan komunikasi.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, Metrofax menyusun unsur-unsur apakah yang menjadi bagian dari kantor yang bahagia, yang mereka katakan adalah kunci untuk meningkatkan semangat dan produktivitas di tempat kerja.

Menurut Metrofax, aspek bahagia di kantor meliputi:

– Memberikan waktu kepada para karyawan: memastikan kantor tertib dan efisien; mengurangi waktu-waktu meeting dan memiliki meeting yang diadakan sebelum makan siang sehingga kemudian ada waktu untuk dapat pergi bersama-sama. Dari hasil riset tersebut didapatkan 28% orang dewasa yang bekerja mengatakan bahwa mereka tidak memiliki waktu yang cukup dalam hari-hari mereka untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

– Memberi kesempatan kepada karyawan untuk menggunakan media sosial: sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 sebelumnya telah menunjukkan bahwa 10 menit mengakses Facebook saat istirahat membantu karyawan menjadi lebih produktif, sehat, dan lebih bahagia. Dari penelitian tersebut didapati bahwa 9% mengalami peningkatan produktifitas.

– Mengijinkan karyawan untuk mendengarkan musik: sebuah survei terbaru menunjukkan mayoritas bisnis menemukan bahwa musik di kantor meningkatkan semangat kerja karyawan dan meningkatkan suasana. Namun penting untuk menjaga agar tidak menggangu karyawan lainnya.

– Membangun komunikasi secara konsisten: untuk mengatasi rasa takut dan kekhawatiran, maka penting untuk membangun komunikasi secara konsisten dengan karyawan. Tetap untuk menginformasikan pada mereka mengenai posisi perusahaan, bagaimana rencana untuk memajukan perusahaan, dan visi perusahaan secara keseluruhan.

– Rainy Days: Dalam penelitian tersebut juga didapatkan bahwa karyawan cenderung gusar dan sedih pada musim penghujan saat hari-hari mendung. Berikanlah kesempatan untuk dapat memberikan hiburan pada saat istirahat seperti menghidupkan televisi di ruang istirahat, memesankan makan siang bersama-sama, atau berencana mengadakan team building dalam ruangan kegiatan untuk memerangi perasaan negatif.

– Menghargai Karyawan: memberikan penghargaan adalah hal yang memberikan kegembiraan bagi karyawan. Bahkan jika Anda tidak dapat menawarkan imbalan keuangan, ada beberapa cara sederhana lainnya untuk menunjukkan penghargaan, termasuk mengajak makan bersama, mengucapkan terima kasih kepada anggota staf tertentu setelah pekerjaan dilakukan dengan baik dan mengirimkan catatan tulisan tangan terima kasih setelah proyek-proyek besar. Pada survey yang diadakan tahun 2011, 69% karyawan mengatakan bahwa mereka akan bekerja keras jika mereka mendapatkan penghargaan yang lebih baik.

Uang memang bukan segalanya, melainkan lingkungan kerja yang memberikan rasa gembira akan sangat dibutuhkan.

happy-office infographic

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Metrofax