Lebih dari 70% Siswa SMA Jepang Lulus pada Musim Semi Dipastikan Memiliki Pekerjaan

(Business Lounge Journal – News) Lebih dari 70% dari siswa SMA yang akan lulus pada musim semi berikutnya dipastikan akan memiliki pekerjaan. Mereka dikatakan telah aman memperoleh pekerjaan sejak tanggal 31 Oktober. Hal ini menunjukkan peningkatan untuk tahun keenam berturut-turut, demikian dikatakan kementerian pendidikan Jepang seperti dilansir oleh Japantoday.

Pada persentase 73,4%, maka terjadi kenaikan 2,3 persen dari waktu yang sama tahun sebelumnya, mempertahankan angka di atas 70% untuk tahun kedua.

“Sebuah tren peningkatan ekonomi telah menyebabkan rasio pekerjaan dengan pelamar meningkat,” demikian dikatakan seorang pejabat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi.

Kementerian itu melakuka survei pada sekitar 193.000 siswa yang mencari pekerjaan di antara 1,07 juta siswa lulus dari sekolah tinggi negeri atau swasta di seluruh Jepang. Jumlah siswa yang telah menemukan pekerjaan setelah lulus pada akhir Oktober adalah 141.000 orang.

Persentase siswa SMA laki-laki yang telah menemukan pekerjaan naik 1,9 poin menjadi 74,8%, sedangkan angka untuk siswa perempuan meningkat 2,9 poin menjadi 71,2%. Berdasarkan spesialisasi, siswa SMA industri memiliki tawaran pekerjaan tingkat tertinggi pada 86,9%, diikuti oleh orang-orang belajar perdagangan dan pertanian di 78,5% dan 77,5% masing-masing. Tingkat SMA reguler mencapai 59,8%.

Berdasarkan wilayah, Toyama Prefecture berdiri tertinggi dengan 87,2% dari mahasiswa mendapatkan pekerjaan. Di daerah parah terkena dampak gempa bumi dan tsunami Maret 2011 di Jepang timur laut, tingkat berdiri di 81,2, 67,5 dan 79% di Iwate, Miyagi dan Fukushima prefektur.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :