Jepang Luncurkan Desain Baru untuk Stadion Olimpiadenya

(Business Lounge Journal – News) Dua buah kelompok saling bersaing untuk mendapatkan kontrak yang akan sangat menguntungkan untuk membangun stadion Olimpiade Tokyo yang baru. Kedua kelompok tersebut pun telah mengungkapkan desain proposal mereka.

Jepang Sports Council merilis desain pada hari Senin (14/12) dan mengatakan pemenang akan dipilih bulan ini, demikian seperti dilansir oleh Japantoday. Jepang Sports Council juga tidak mengidentifikasi perusahaan mana yang telah mengusulkan dan desain yang mana yang diusulkan.

Dua desain yang lebih bersahaja dari rencana semula oleh arsitek Inggris-Irak Zaha Hadid, dibatalkan karena kontroversi atas biaya dan skala. “Kami akan bekerja untuk memastikan stadion yang akan dicintai oleh semua,” demikian dikatakan Kazumi Daito, presiden Dewan Olahraga saat mengumumkan rencana yang dikatakannya sebagai upaya untuk menempatkan para atlet pertama-tama dan juga menekankan aksesibilitas bagi penyandang cacat, lanjut usia, dan anak-anak.

Bekerja pada stadion bernilai ¥ 158 miliar yang dimaksudkan untuk menampung hingga 80.000 orang ditunda oleh kesulitan yang lebih kepada desain, yang terbukti ‘memalukan’ untuk penyelenggara Olimpiade Tokyo.

Desain “A ” memiliki atap relatif datar dan cocok dengan hijau di sekitarnya, dengan semak-semak di sepanjang concourse luarnya. Struktur baja dan kayu gabungan tampaknya echo desain kuil tradisional, dan berdiri hanya 50 meter, dengan dasar pusat olahraga tenggelam di bawah permukaan.

Biaya konstruksi terdaftar di total dari 153 miliar yen. Sedangkan desain B memiliki tinggi 54,3 meter, lebih halus, dengan dinding kaca luar yang menyatu dengan langit dan dimaksudkan untuk mencerminkan konsep tradisional Asia dari Lima Elemen kayu, api, tanah, logam, dan air. Proyek ini akan memakan biaya sebesar ¥ 153,7 miliar.  Kedua rencana panggilan untuk konstruksi harus dilakukan, selain lansekap dan pekerjaan sekitarnya pada 30 Nov 2019.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal