Mobil Jepang dan Jerman, Mobil Teraman

(Business Lounge Journal – Global News) Sebuah kelompok yang menilai keamanan kendaraan di AS bernama A U.S. mengatakan bahwa mobil Jepang dan Jerman telah mendominasi daftar kendaraan paling aman di jalan-jalan Amerika, demikian seperti dilansir oleh Reuters. Hal ini disebabkan sebagian kendaraan tersebut ditambahkan teknologi canggih untuk mencegah tabrakan frontal.

The Insurance Institute for Highway Safety, sebuah kelompok industri yang didanai produsen mobil berupaya membangun mobil yang lebih aman dengan memberi peringkat yang berpengaruh, demikian seperti diberitakan pada Kamis (10/12) bahwa Toyota Motor Corp menduduki puncak daftar 48 Top Safety Pick + 2016 dengan 9 pemenang, termasuk Camry, mobil terlaris AS.

Sedangkan 13 lainnya memenuhi syarat untuk penghargaan tertinggi kedua pada daftar, yang dikenal sebagai Top Safety Pick. Penghargaan, sering digunakan dalam iklan mobil, diikuti dengan kriteria ketat untuk standar keselamatan tahun ini daripada pada masa lalu.

Pengumuman IIHS terjadi hanya beberapa hari setelah U.S. auto safety regulators pada Selasa (8/12) meluncurkan pemeriksaan untuk tes keselamatan terhadap kecelakaan yang akan membutuhkan mobil dapat menambahkan teknologi untuk menghindari kecelakaan. Demikian dibutuhkan untuk kendaraan baru jika mereka ingin mendapatkan peringkat atas.

The U.S. National Highway Traffic Safety Administration mengusulkan tiga peringkat baru untuk mobil dan truk pada keselamatan pejalan kaki, kecelakaan kelayakan, dan menghindari kecelakaan di bawah Program Penilaian Mobil Baru-nya.

Usulan NHTSA akan mendorong mobil untuk menambahkan teknologi canggih seperti yang IIHS tuntut untuk mendapatkan peringkat atas.

Honda Motor Co berada di tempat kedua dengan delapan kategori pemenang yang diumumkan oleh IIHS, diikuti oleh Volkswagen AG dengan tujuh kategori pemenang, dan Subaru Motor Co dengan meraih enam penghargaan.

Dalam rangka untuk mendapatkan peringkat atas IIHS, mobil harus memiliki sistem pencegahan kecelakaan frontal dengan kemampuan pengereman otomatis untuk mencegah tabrakan belakang. Kendaraan harus berhenti atau memperlambat tanpa intervensi sopir sebelum memukul target di tes di 12 atau 25 mil per jam, demikian dikatakan IIHS seperti dilansir oleh Reuters.

Di antara nama-nama mobil AS, hanya Chrysler 200 dari Fiat Chrysler Automobile yang menerima Top Safety Pick+ award, seperti yang diterima Fiat 500X.

IIHS mengatakan pemenang pada tahun 2016 juga harus tampil baik dalam tes kecelakaan offset. Lebih dari 20 pemenang Top Safety Pick award tahun lalu tidak memenuhi syarat untuk 2016. “Sebagai kendaraan terus meningkat, namun, kami pikir sangat penting untuk mengenali bahwa kemajuan dan mendorong kemajuan lebih lanjut dengan membuat peringkat kita lebih ketat,” demikian dikatakan Presiden IIHS Adrian Lund.

Untuk pertama kalinya, NHTSA akan mendasarkan peringkat test kecelakaan untuk kendaraan apakah produsen telah menyertakan teknologi untuk menghindari kecelakaan tertentu.

Peringkat baru dijadwalkan untuk diterapkan pada model tahun 2019.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana