Indikator OECD : Pertumbuhan Ekonomi Mantap Setelah Perlambatan di Tiongkok dan Brazil

(Business Lounge Journal – Global News) Pertumbuhan ekonomi menuju stabil setelah perlambatan di Tiongkok dan Brazil, dan peningkatan di Perancis dan India, menurut indikator utama yang dirilis Selasa oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Badan penelitian yang berbasis di Paris ini mengatakan pengukurannya untuk kegiatan ekonomi masa depan yang didasarkan pada informasi yang tersedia untuk Oktober, menunjukkan perlambatan di AS dan Inggris.

Indikator awal untuk Tiongkok menunjukkan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini akan menghindari perlambatan tajam dalam pertumbuhan ekonomi dan “hard landing” yang ditakuti oleh para pembuat kebijakan, investor dan bisnis.

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat 6,9% pada kuartal ketiga tahun ini, kecepatan yang paling lambat sejak krisis keuangan global.

Indikator utama juga menunjukkan kenaikan pertumbuhan di Perancis, yang telah tertinggal di belakang Jerman dan Spanyol selama pemulihan ekonomi zona euro. Tapi OECD memperingatkan bahwa indikator didasarkan pada informasi yang sebagian besar diterima sebelum 13 November saat terjadi serangan teror di Paris.

Secara keseluruhan, indikator menunjukkan ekonomi global tidak mungkin melemah dalam beberapa bulan mendatang, meskipun tahun 2015 akan menjadi tahun yang mengecewakan untuk pertumbuhan.

Amerika Serikat dan Inggris telah menjadi yang paling cepat berkembang dari negara maju yang besar, tetapi indikator awal untuk kedua negara ini jatuh lagi, menunjuk terus kepada perlambatan.

Indikator awal untuk Rusia menunjuk terjadinya kontraksi lanjutan dalam ekonomi yang tergantung pada minyak, sementara langkah-langkah untuk Jerman dan Jepang menunjuk terus pertumbuhan yang lemah. Angka revisi untuk Jepang yang dirilis Selasa menunjukkan ekonomi terbesar ketiga di dunia dihindari jatuh ke resesi kedua era abenomics selama musim panas, seperti belanja modal yang lebih kuat dari perkiraan membantu tumbuh pada kuartal ketiga.

Indikator awal OECD dirancang untuk memberikan sinyal awal titik balik antara ekspansi dan perlambatan kegiatan ekonomi, dan didasarkan pada berbagai seri data yang memiliki sejarah mengantisipasi perubahan dalam kegiatan ekonomi masa depan.

Indikator komposit terkemuka OECD untuk 34 anggotanya tidak berubah di 99,8. Angka di bawah 100,0 menunjukkan perlambatan pertumbuhan.

Dodo/VMN/BL/Journalist
Editor : Ruth Berliana
image : wikipedia