(Business Lounge Journal – Global News) Amazon.com berencana untuk mengoperasikan ribuan semi-truk bermerek untuk membantu antar-jemput inventorinya antara fasilitas. Upaya ini untuk lebih dapat mengontrol proses pengiriman sebagai bagian dari upaya pemasaran. Disebut sebagai upaya pemasaran sebab truk akan bergerak hilir mudik dengan nama Amazon yang terpampang besar. Dengan demikian akan lebih banyak lagi orang dan pelanggan yang menyaksikan kesibukan Amazon dalam mengantarkan produk-produknya. Sedangkan untuk Amazon sendiri, hal ini akan memberikan efisiensi yang lebih besar utnuk dapat menyimpan stok pada gudangnya, demikian seperti dilansir oleh WSJ.
Sementara upaya yang dilakukan sebagian besar untuk mengelola barang dagangan, Amazon pun telah bekerja ekstra untuk melakukan pengiriman terakhir kepada pelanggan. Pada umumnya bagian inilah yang dapat mengeluarkan biaya paling mahal, namun Amazon berupaya untuk mengerjakannya sendiri.
Salah satu eksperimen yang dilakukan Amazon adalah dengan menggunakan truk surat kabar Chicago Tribune untuk mengirimkan barang-barang kepada pelanggan. Perusahaan juga percaya bagaimana segala macam pengiriman, seperti pizza atau bunga, dapat menggunakan proses mengirimkan paket dalam kesehariannya, dengan menggunakan kelebihan kapasitas kendaraan.
Trailer truk baru akan menggunakan logo Amazon logo yang terkenal dengan senyum di sampingnya dan akan menjelajah seluruh Amerika Serikat, demikian dikatakan perusahaan itu seperti ilansir oleh WSJ.
Amazon mungkin memiliki ambisi besar untuk truk hanya untuk me-manage inventorinya. Perusahaan mengajukan permohonan paten pada tahun 2014, dan diterbitkan pada bulan September tahun ini.
nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal