Indahnya Air Terjun Waikelo Sawah di Sumba Barat Daya

(Business Lounge – Travel) – Sumba memang sangat mempesona. Bukan hanya pantai berpasir indah dengan laut birunya yang bergradasi dan menyegarkan mata, tetapi juga banyak pesona lainnya yang memperlihatkan betapa indahnya alam Sumba. Mungkin, jarang ada yang pernah mendengar tentang Air Terjun Waikelo yang ada di Sumba Barat Daya. Tetapi, keindahannya yang terlihat di depan mata, benar-benar tak dapat dipungkiri.

WaikeloSawah5

WaikeloSawah2

Air Terjun Waikelo Sawah yang ada di Sumba Barat Daya, Indonesia, memang begitu menarik mata. Bagaimana tidak, warnanya yang biru kehijauan dan begitu jernihnya, sungguh menyegarkan mata. Air Terjun Waikelo Sawah ini, tepatnya terletak di Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Air terjun yang indah ini, berada di kaki bukit daerah Waikabubak, dan juga dikelilingi oleh pemandangan pepohonan yang hijau. Air Terjun Waikelo Sawah, airnya keluar dari mulut gua  selebar 4 meter dan tingginya 3 meter.

WaikeloSawah3

WaikeloSawah1

Air terjun ini, juga merupakan sumber irigasi serta pembangkit tenaga listrik. Indahnya air terjun ini, membuat orang juga berdatangan untuk menikmatinya, baik untuk sekedar bermain air, maupun berenang dan juga mengambil gambar dari air terjun yang indah ini. Air Terjun Waikelo Sawah, memang bisa dikatakan tidak terlalu populer dibandingkan tempat wisata lainnya yang ada di Nusa Tenggara Timur, tetapi soal pesonanya, tentunya hal itu sangat menarik mata yang memandangnya.

WaikeloSawah4

Air Terjun Waikelo Sawah memang menyejukkan dipandang mata. Apalagi memandang dan mendengarkan gemericik aliran airnya, tentunya akan membuat pikiran menjadi rileks dan serasa kembali ke alam. Air Terjun Waikelo di Sumba Barat Daya, memang begitu menampilkan pesona alam Sumba Barat Daya yang tak terlupakan.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
All photos by Businesslounge/Dato
Editor : Fanya Jodie