Facebook Uji Coba Video Live

(Business Lounge Journal – Global News) Bersiap-siaplah untuk dapat menonton video langsung dari teman dan keluarga yang sedang melakukan sesuatu yang menyenangkan, membosankan, atau bahkan terlihat bodoh melalui Facebook.

Jaringan sosial terbesar di dunia ini sedang menguji fitur baru yang akan memungkinkan 1,5 miliar penggunanya dapat menggunakan smartphone mereka untuk merekam video sehingga orang lain dapat melihat apa yang mereka lakukan seperti yang terjadi.

Facebook mulai menguji opsi video live pada Kamis (4/12) pada sejumlah audiensnya di AS dengan iPhone. The Menlo Park, California, perusahaan tidak mengatakan kapan semua orang dengan akun Facebook dan smartphone akan memiliki kesempatan untuk siaran langsung.

Fitur ini merupakan tantangan Facebook terbaru untuk menyaingi layanan pesan secara online Twitter, yang memperkenalkan aplikasi video langsung disebut Periscope pada awal tahun ini. Aplikasi lain yang populer disebut Meerkat juga dapat digunakan untuk berbagi video langsung dalam lingkaran sosial.

Ini bukan pertama kalinya bahwa Facebook Inc telah menyalin ide orang lain dalam upaya untuk memastikan jaringan sosial tetap bertengger pada posisi digital terkemuka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Facebook juga telah menganut simbol hashtag, teknik Twitter untuk menandai peristiwa besar dan topik pembicaraan, dan kloning pilihan untuk memeriksa ke tempat-tempat tertentu yang dipopulerkan oleh Foursquare.

Dalam langkah lain mimikri, Facebook memperkenalkan fitur lain yang disebut “Collage” yang akan foto secara otomatis mengumpulkan foto dan video yang diambil di tempat yang sama atau di acara yang sama ke dalam slide. Konsep mencerminkan fitur yang diperkenalkan di Google jaringan sosial pada sosial network-nya Plus pada tahun yang lalu dan dapat diimpor ke aplikasi Photo yang enam bulan lalu.

The Collage pilihan awalnya akan tersedia di Facebook iPhone app sebelum berkembang ke versi untuk ponsel Android awal tahun depan.

Facebook menggembar-gemborkan adalah video langsung dan Collage sebagai lompatan ke depan dalam upaya untuk membawa penggunanya lebih dekat bersama-sama meskipun mereka mungkin berada ribuan mil terpisah. Idenya adalah untuk memungkinkan orang untuk merasa seolah-olah mereka berada di pantai yang sama pada liburan Hawaii, di dapur yang sama saat menguji resep baru, di ruang tamu sama membuka bungkus hadiah Natal, atau pada baris yang sama bernyanyi bersama selama konser band favorit.

Akhirnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg berharap untuk menyebarkan teknologi virtual reality bahwa perusahaan yang diakuisisi tahun lalu dalam pembelian senilai USD 2 miliar Oculus untuk mengubah video ke sebuah pertemuan yang lebih-hidup.

Pilihan video live juga bisa membuat pr bagi kepala hukum untuk Facebook dan hak cipta pemilik, berdasarkan apa yang telah terjadi dengan Periscope. Itu karena beberapa orang telah menggunakan video untuk berbagi gambar dari film dan membayar-per-melihat acara yang dilindungi oleh hak cipta olahraga. Praktek ini telah memaksa pemilik hak cipta untuk memantau Periscope atas pelanggaran hak-hak mereka dan memberitahu Twitter sehingga dapat memblokir atau mengambil video.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal