Memandang Bawah Laut Dumaguete, Filipina

(Business Lounge – Travel) – Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang berkesan di Filipina, cobalah untuk mengunjungi Dumaguete, yang terletak di Negros Oriental, Filipina. Kota yang terkenal dengan sebutan university town tersebut, memang memiliki daya tarik yang tak terlupakan. Kota Dumaguete sendiri, biasanya dikenal sebagai kota impian bagi siswa yang menuntut ilmu di Filipina. Dikatakan demikian, karena di kota ini terdapat empat universitas dan juga berbagai college yang populer bagi para pelajar di Filipina. Kota Dumaguete, juga dikenal dengan sebutan “The City of Gentle People”. Tetapi, Dumaguete ternyata bukan hanya merupakan kota impian bagi para pelajar maupun mahasiswa, tetapi juga merupakan impian bagi para penggemar wisata bawah laut. Beragam ikan unik dan indah yang ditemukan di bawah laut Dumaguete, tentunya memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama yang menyukai aktivitas diving dan snorkeling.

Dumaguete1

Salah satu ikan yang unik dan menarik yang bisa ditemukan di bawah laut Dumaguete adalah black saddled toby atau Valentinni’s sharpnose puffe yang terlihat lucu. Ikan ini, biasanya berwarna menarik, serta memiliki bentuk tubuh yang unik. Ada ciri khas tersendiri dari ikan black saddled toby ini, yaitu warnanya yang bisa berubah pada saat ikan tersebut sedang tidur di malam hari.

Dumaguete2

Di bawah laut Dumaguete, Filipina, ada lagi yang dapat dilihat, yaitu chromodoris quadricolor atau biasa disebut pyjama slug. Chromodoris quadricolor ini memang begitu terlihat menarik, karena dengan warna yang cerah terlihat kontras satu dengan lainnya.

Dumaguete3

Dumaguete4

Memang, Dumaguete begitu memanjakan mata wisatawan yang menyukai wisata bawah laut. Ada lagi yang menarik untuk dilihat di Dumaguete, yaitu blue spotted ray yang cantik. Warna totol biru yang terlukis di kulitnya, memang bagaikan lampu yang indah di bawah laut Dumaguete. Tentunya, keindahan tersebut pastinya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang memandangnya. Cukup sampai disitu saja? Tentu tidak. Ada lagi yang menarik untuk dilihat di Dumaguete, yaitu banded shrimp with blue eggs, dengan bentuk tubuhnya yang unik dan penuh warna. Tentunya, hewan tersebut juga bisa menjadi daya tarik wisatawan yang sedang menyaksikan bawah laut Dumaguete, Filipina.

Dumaguete5

Dumaguete6

Ingin menyaksikan kepiting yang unik? Cobalah untuk melihat decorator hermit crab yang ada di Dumaguete. Kepiting tersebut sangat unik, karena tubuhnya yang berwarna-warni, dan juga pandangan matanya yang lucu jika berhadapan dengan manusia. Belum lagi, tubuhnya yang terlihat seperti ada bulu, membuat wisatawan bisa terpesona karena keunikannya. Memang, keindahan bawah laut di Dumaguete, bagaikan magnet yang sanggup menarik wisatawan untuk terus memandangnya. Melihat bawah laut di Dumaguete, pastinya akan memberikan kenangan indah yang tak terlupakan, karena keindahan tersebut, memang sungguh menyenangkan hati.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Images : Ms. Lakshmi Sawitri
Editor : Fanya Jodie