Amazon Berjaya di Cyber Monday

(Business Lounge Journal – Global News) Apakah yang paling banyak dibeli pada Cyver Monday kemarin? Tentu saja perangkat ponsel yang mengambil bagian lebih dari seperempat dari USD 3 miliar total penjualan, tetapi banyak pengecer online berjuang untuk mendapatkan pengunjung yang menggunakan smartphone dan tablet untuk berbelanja sebanyak mereka yang menggunakan desktop.

Diskon lebih besar dari perkiraan dan permintaan yang kuat untuk elektronik dan mainan membuat Cyber ​​Monday menjadi hari penjualan online terbesar yang pernah ada di Amerika Serikat, demikian menurut laporan Adobe Digital Index report seperti dilansir oleh Reuters.

Laporan itu berdasarkan data dari 200 juta kunjungan ke 4.500 situs ritel pada apa yang secara tradisional menjadi hari tersibuk dalam setahun untuk belanja internet. Belanja menggunakan perangkat ponsel menyumbang 26 persen dari total penjualan online, naik dari 19 persen tahun sebelumnya, demikian dilaporkan Adobe.

Laporan Watson Trend IBM mengatakan lalu lintas mobile menyumbang 47,9 persen dari seluruh lalu lintas online, dibandingkan dengan 41,2 persen tahun lalu. Item terlaris termasuk koleksi Lego Star Wars, Barbie Dream House, televisi Samsung 4K dan Apple Inc (AAPL.O) iPad Mini.

Mainan Star Wars adalah item yang paling sering kehabisan, demikian dikatakan Adobe. Nilai pesanan rata-rata dari pembeli online adalah USD 123,43, turun 0,6 persen dari tahun lalu, IBM mengatakan, terutama karena kenaikan pembeli ponsel.

Pada rata-rata, pembeli smartphone menghabiskan USD 102,02 per pesanan, jauh di bawah USD 128 yang dihabiskan oleh pengguna desktop. Meskipun ada peningkatan besar dalam penggunaan dan pembelian, tingkat konversi adalah “menyedihkan,” demikian dikatakan Scot Wingo, ketua eksekutif ChannelAdvisor. Hanya 2,19 persen dari kunjungan ke website menghasilkan penjualan, dibandingkan dengan 2,18 persen tahun lalu.

Cyber ​​Monday mengacu pada hari Senin setelah Thanksgiving saat pembeli kembali bekerja, sehingga banyak memiliki koneksi berkecepatan tinggi. Sebagai tradisi Cyber ​​Monday telah berkembang selama dekade terakhir, sehingga para pengecer online telah menawarkan promosi besar. Rata-rata diskon pada item yang terjual selama Cyber ​​Monday adalah 21,5 persen, Adobe (ADBE.O) mengatakan dalam laporannya.

Di antara banyak pemain yang kuat, Amazon.com Inc berjaya dengan kenaikan 21,1 persen pada penjualan Cyber ​​Monday, menurut penyedia perangkat lunak e-commerce ChannelAdvisor. Diskon di Amazon.com rata-rata 40 persen, demikian dikatakan perusahaan analisis e-commerce Clavis Insight seperti dilansir oleh Reuters.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :  Business Lounge Journal