Sosial Media Manakah Yang Cocok Untuk Anda?

Social Media

(Business Lounge – Tech & Gadget) – Kita semua tahu, bahwa saat ini hampir semua orang sudah akrab dengan sosial media. Semua kegiatan, baik komunikasi, sampai promosi dan penjualan, pastinya tidak lepas dari sosial media. Namun, jika Anda ingin mempromosikan produk atau jasa Anda, tidak semua sosial media bisa Anda gunakan.  Mengapa? Karena setiap sosial media, pastinya diperuntukkan untuk segmen tersendiri. Jadi, Anda harus mengetahui benar, Anda akan mempromosikan produk Anda pada segmen apa? Dan segmen tersebut, biasanya menggunakan sosial media apa? Nah, informasi seperti itulah yang harus Anda ketahui dengan benar. Dengan penjelasan tersebut, mari kita lihat bersama mengenai sosial media yang ada, dan segmen apa yang biasa menggunakan sosial media tersebut :

Instagram

Segmen yang cocok : Generasi Y, terutama fotografer dan blogger

Meskipun Instagram merupakan sosial media yang sangat populer saat ini, tetapi ini tentunya sosial media ini lebih diperuntukkan bagi fotografer maupun blogger kreatif. Tentunya, sosial media ini tidak cocok bagi Anda yang ingin mempromosikan hal seperti lowongan kerja, jualan makanan atau minuman, atau jual baju grosiran.

Facebook

Segmen yang cocok : Generasi X 

Facebook mungkin cocok bagi Anda yang ingin mempromosikan hal yang berhubungan dengan Generasi X, seperti Anda ingin menjual produk yang ditujukan untuk Generasi X, atau bisa juga bagi Anda yang ingin mempromosikan produk Anda yang cocok untuk segmen keluarga. Tentu saja, Generasi X itu rata-rata sudah berkeluarga dan sudah mapan, dan rata-rata mereka menggunakan sosial media Facebook. Karena itu, jika Anda ingin mempromosikan produk atau jasa yang Anda pikir cocok untuk Generasi X atau keluarga, Facebook pastinya merupakan media sosial yang tepat.

Pinterest 

Segmen yang cocok : Desainer dan Fashion

Jika Anda adalah seorang desainer atau penggemar fashion, tidak ada salahnya untuk menggunakan Pinterest sebagai media promosi Anda. Tetapi jangan lupa, semua foto Pinterest tidak ada yang berkualitas rendah atau “asal jepret”, melainkan foto-foto berkualitas tinggi yang bahkan ada nilai seninya.

Twitter 

Segmen yang dituju : Generasi X dan Y, juga berguna untuk menginformasikan hal yang serba cepat

Twitter mungkin bisa dikatakan bisa digunakan oleh Generasi X maupun Y, karena fitur dan kegunaannya yang bisa terbilang sederhana, hanya berupa percakapan saja. Tetapi, sebenarnya Twitter lebih diutamakan sebagai sarana untuk “update serba cepat” dari suatu berita, atau bagi orang yang menginginkan respon cepat dari orang lain. Untuk para jurnalis, update lewat media twitter untuk mempromosikan berita yang ditulisnya, pastinya bisa dikatakan sangat cocok.

LinkedIn

Segmen yang dituju : Profesional dan Pebisnis

Bagi Anda yang ingin mempromosikan hal yang berhubungan dengan dunia profesional maupun bisnis, LinkedIn dinilai sangatlah cocok. Seperti jika Anda ingin mempromosikan kerjasama dalam riset, peluang investasi, seminar dan hal lainnya yang berkaitan, tentunya LinkedIn merupakan media yang cocok. Informasi bagi Anda, jangan pernah menaruh foto yang tidak pantas di LinkedIn, karena sosial media tersebut, hanya diperuntukkan bagi para profesional maupun pebisnis.

Fanny Sue/ Journalist/VMN/BL
Image : Wikimedia
Editor : Fanya Jodie