Keluarlah dari Rutinitas Anda dan Jadilah Produktif

(Business Lounge Journal – Empower People) Memperbaiki kinerja? Namun belum berhasil? Anda mungkin sudah mencoba untuk mematikan suara ponsel Anda, saat Anda bekerja. Atau, Anda sudah tidak mengintip inbox email Anda. Atau beberapa tips lainnya yang telah Anda harapkan dapat menolong konsentrasi kerja Anda sehingga kinerja Anda pun dapat bertambah baik. Namun kelihatannya Anda belum lagi berhasil. Namun sebelum Anda memutuskan langkah apa yang akan Anda ambil selanjutnya, coba simak hal-hal kecil yang sebenarnya dapat membantu Anda untuk semakin berkonsentrasi dalam pekerjaan.

Mengingat Waktu
Pernahkan Anda merasa waktu berlalu begitu cepat dan seolah-olah Anda belum mnegerjakan apa-apa? Seringkah? Benarkah Anda tidak menyadari waktu telah berjalan? Atau waktu yang berjalan semakin cepat?

Sering kali tidak menyadari cepatnya waktu berlalu, maka membuat Anda tidak memacu kecepatan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Anda dapat mencoba berbagai cara untuk membantu Anda menghitung waktu yang sudah berlalu. Misalnya saja mengaktifkan pengingat waktu yang akan berbunyi setiap jam. Atau Anda dapat mengaktifkan pengingat pada ponsel atau komputer Anda yang aka mengingatkan target yang harus Anda capai setiap jamnya. Namun penting untuk dapat menjadi konsisten. Saat pengingat waktu berbunyi, maka upayakanlah untuk dapat mengejar target yang harus Anda capai.

Anda Membutuhkan Tanaman Hijau
Anda tentu sudah mengetahui bagaimana melihat tanaman hijau sangat dibutuhkan mata Anda di sela-sela pekerjaan. Hal ini juga dikatakan psikolog Rachel dan Stephen Kaplan dari University of Michigan, AS, yang menguraikan bagaimana tanaman dapat membantu meningkatkan produktivitas dalam kaitannya dengan kemampuannya untuk merestorasi kemampuan penglihatan. Pada dasarnya, ketika otak Anda bekerja keras, dibutuhkan istirahat dari waktu ke waktu. Melihat jenis tanaman hijau walaupun hanya sesaat dapat memulihkan penglihatan.

Namun, bagaimana jika tidak ada tanaman hijau? Beruntung, jika Anda memiliki jendela dengan pemandangan hijau di luar. Namun bagaimana jika tidak? Memiliki tanaman akan membantu Anda baik untuk dapat berpikir lebih jernih dan mengingat informasi lebih mudah.  ketika mereka bekerja di dekat tanaman. Hal ini akan membantu Anda menghasilkan ide-ide baru yang akan meningkatkan produktivitas Anda.

Beristirahat dengan hewan lucu Hijau
Dapat melihat binatang lucu benar-benar membantu Anda untuk menjadi lebih produktif. Ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Hiroshima di Jepang. Menurut peneliti utama studi tersebut, kinerja peserta pada pekerjaan terkonsentrasi ditingkatkan dengan 44 persen setelah melihat gambar lucu. Namun ini bukan berarti bahwa Anda sejenak melakukan browsing tanpa tujuan. Anda cukup sejenak melihat gambar yang lucu yang dapat membawa perasaan kembali bersemangat. Lalu kembali bekerja.

Lihatlah sesuatu yang biru
Ide teori warna telah lama diterapkan untuk kampanye pemasaran dan inisiatif bisnis, tetapi apakah Anda tahu bahwa warna yang terletak di sekitar ruang kerja Anda dapat mempengaruhi produktivitas Anda? Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Texas, menemukan bahwa dinding berwarna abu-abu, putih, dan krem di kantor dapat menyebabkan perasaan sedih pada wanita, sementara pria merasa tertekan ketika dikelilingi oleh warna ungu dan oranye. Sebuah alternatif yang lebih baik? Biru. Menurut Taskworld, biru secara universal dikenal sebagai warna yang sangat baik untuk produktivitas. Ini juga merupakan warna yang stabil dan menenangkan yang membantu pekerja fokus pada tugas di tangan.

Tentu saja, Anda tidak perlu membubuhkan warna biru pada semua dinding ruangan Anda. Hanya cobalah menyisipkannya pada meja kerja Anda, apakahitu folder file biru, atau poster yang didominasi warna biru. Ketika Anda merasa fokus Anda berkurang, menatap benda tersebut selama beberapa detik dipercaya akan membuat produktivitas Anda membaik.

Mengolah to-do list Anda
Ben Schott, penulis Schott’s Original Miscellany, menyarankan, “Mengingat bahwa beberapa dari kita berpikir secara kaku, mengapa kita selalu memulai sebuah daftar di sudut kiri atas pada secarik kertas dan terus bersusun rapi ke bawah? Berbagai format dapat membuat daftar yang jauh lebih berguna.” Anda dapat melakukan berbagai inovasi untuk membuat to do list Anda. Bahkan tidak ada larangan jika Anda dapat menggunakan diagram spiral atau berbagai cara lainnya.

Pada prinsipnya, jangan terus melakukan hal yang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda. Jika cara kerja Anda saat ini tidak bekerja, buatlah beberapa perubahan. Jadilah kreatif dan keluarlah dari rutinitas Anda.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal