Human All Over The World – Desert People at Vietnam

(Business Lounge – Culture) – Apa yang ada di benak Anda jika membayangkan akan gurun? Sebuah tempat yang penuh pasir, panas, kering, dan pastinya jarang ada manusia yang mau berada disana. Tetapi, tanpa kita sadari, sebenarnya ada kehidupan yang menarik di sebuah gurun di Vietnam. Kehidupan yang memberikan inspirasi tentang perjuangan dalam hidup serta keceriaan anak-anak di tengah gurun di Vietnam. Ya, kehidupan yang membuat kita semakin bersyukur akan apa yang kita terima setiap harinya.

Vietnam1

Menapaki gurun di Doi Cat Vang setiap harinya, sudah menjadi keseharian bagi para ibu penjual rice cake disana. Memang bukan hal yang mudah, dan setiap hari beban yang mereka bawa pun tidaklah ringan. Tetapi, kehidupan tetap harus dijalani, karena mereka tetap membutuhkan uang untuk makan dan minum sehari-hari. Karena itu, mereka rela menapaki gurun sambil menunggu orang yang sudi membeli rice cake mereka.

Vietnam2

Vietnam3

Jika Anda merasa hidup yang Anda begitu berat dan patah semangat, coba saja untuk melihat kehidupan ibu-ibu yang ada di Doi Cat Vang, Mui Ne, Vietnam ini. Kehidupan mereka di gurun, bukanlah hidup yang mudah, tetapi mereka tetap menjalaninya dengan semangat. Medan perjalanan mereka pun tidak terlalu mudah. Gurun bukanlah jalan beraspal rata yang mudah untuk dilalui, melainkan terkadang merupakan tanjakan atau turunan yang harus dilalui dengan keringat dan perjuangan. Namun, semua itu dilewati dengan ikhlas oleh para ibu penjual rice cake tersebut. Dengan mengenakan pakaian yang sederhana dan topi caping, mereka mengangkut dagangan rice cake di bahu mereka, dan menapaki gurun tanpa menyerah, demi kelangsungan akan kehidupan mereka.

Vietnam5

Ada lagi yang menarik dari kehidupan di gurun ada di Vietnam ini. Disana, Anda akan melihat keceriaan anak-anak kecil yang begitu akrab dengan pasir gurun. Mereka tidak memikirkan akan mainan elektronik yang mewah, tidak memikirkan akan video game, tetapi kehidupan mereka sudah menyatu dengan alam. Ya, bagi anak-anak kecil ini, gurun adalah tempat bermain mereka. Memang, begitu luar biasa melihat kehidupan yang ada di gurun yang berada di Vietnam ini.

Di gurun tersebut, memang kita bisa mengetahui tentang dua kehidupan yang menarik, yaitu kehidupan para ibu yang berjuang dalam menjual rice cake mereka, dan juga kehidupan anak-anak yang penuh keceriaan di tengah gurun. Hmmm…kedua kehidupan yang menarik, dan tentunya belum tentu bisa ditemukan di tempat lainnya yang kita kunjungi. Dan kedua kehidupan tersebut, mengajari kita untuk selalu bersyukur dengan apapun yang kita miliki.

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Images : Mr. Jeffry Surianto
Editor : Fanya Jodie