Ingin Jadi Pebisnis Sukses? Biasakan Dulu Jadi Morning Person!

(Business Lounge – Empower People) – Meraih kesuksesan, sudah pasti menjadi impian bagi semua pebisnis yang ada. Dan semua pebisnis, pastinya tahu bahwa mereka harus berjuang untuk mendapatkan kesuksesan tersebut. Namun, sebenarnya ada hal yang harus diperhatikan seorang pebisnis yang ingin meraih kesuksesan, yaitu bagaimana ia harus memiliki kebiasaan untuk bangun pagi setiap harinya.

Terkadang, memang sulit menjadi seorang morning person. Dan, kelihatannya banyak orang merasa tidak terlalu penting menjadi seorang morning person. Tetapi, Anda harus tahu, bahwa salah satu kunci kesuksesan dari seorang pebisnis adalah keberhasilannya menjadi seorang morning person. Apabila seorang pebisnis belum terbiasa menjadi morning person, ia bisa jadi lebih sulit untuk meraih kesuksesan. Mengapa? Sederhana saja, jika seorang pebisnis terbiasa bangun kesiangan terus-menerus, biasanya secara pribadi ia akan menjadi lebih malas, dan itu akan berdampak pada produktivitasnya. Pada akhirnya, memang tidak dapat dipungkiri, bahwa memang seorang pebisnis harus terbiasa menjadi morning person jika ia ingin sukses dalam bisnisnya.

Mengetahui semua fakta itu, tentunya Anda sebagai pebisnis ingin punya kebiasaan menjadi seorang morning person, bukan? Pertanyaannya kini, adakah cara efektif agar Anda sebagai pebisnis bisa membentuk dan memiliki kebiasaan untuk menjadi seorang morning person? Tentu ada! Berikut ini, adalah cara-cara untuk membentuk kebiasaan Anda menjadi seorang morning person :

Biasakan untuk menyetel alarm untuk bangun pagi

Jika Anda ingin menjadi morning person, mulailah membiasakan diri dengan alarm. Mungkin dulu Anda tidak biasa, namun sekarang Anda harus mulai menggunakannya. Taruhlah di tempat yang tidak mudah dijangkau, sehingga Anda harus berjalan dulu untuk meraihnya.

Taruhlah makanan atau minuman kesukaan Anda di tempat yang membuat Anda bergerak setiap pagi

Ini juga cara yang ampuh untuk memaksa Anda menjadi morning person. Siapkan sebelum tidur makanan dan minuman di dalam kamar, dan taruhlah agak jauh dari tempat tidur tetapi bisa langsung terlihat ketika bangun. Jadi, ketika Anda bangun, kalaupun Anda masih mengantuk, mata Anda bisa langsung tertuju pada makanan dan minuman kesukaan Anda, dan itu membuat Anda berusaha untuk meraihnya.

Buatlah planning sebelum tidur

Jika Anda ingin menjadi pebisnis sukses, satu hal yang membuat Anda semangat bangun pagi adalah planning atau perencanaan Anda. Jadi, jika Anda ingin termotivasi untuk bangun tidur, buatlah rencana Anda di agenda, dan taruhlah di dekat Anda. Hal itu untuk membantu, agar  ketika Anda bangun pagi, Anda langsung bisa teringat pada planning yang Anda buat semalam dan bersemangat untuk mengerjakannya.

Taruhlah alat olahraga dalam kamar tidur Anda

Selain membiasakan diri bangun pagi, Anda juga harus membangun kebiasaan hidup sehat. Caranya? Mudah saja, biasakanlah diri Anda untuk bangun di pagi hari, dan juga berolahraga teratur setiap pagi. Dan untuk membuat hal itu benar-benar menjadi kenyataan, caranya adalah Anda harus mendesain kamar tidur Anda dengan menaruh alat olahraga di dalam kamar Anda, sehingga ketika bangun pagi, Anda langsung bisa berolahraga. Dengan memiliki kebiasaan “harus” berolahraga di pagi hari, hal itu bukan hanya membangun mental Anda menjadi seorang morning person, tetapi juga membentuk pribadi Anda menjadi disiplin dalam memperhatikan kesehatan.

Zefanya Zefanya Jodie/VMN/BLJ/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group