Alibaba Single Day Dorong Warga Tiongkok Belanja Produk Luar

(Business Lounge Journal – Global News) Alibaba Group Holding Ltd sejauh ini telah memiliki lebih dari 27 juta konsumen Tiongkok yang berbelanja merek global pada Rabu (11/11) Hal ini sehubungan dengan acara belanja bertajuk Single’ Day yang diselenggarakan untuk meningkatkan penjualan raksasa ecommerce tersebut, demikian dikatakan CEO Daniel Zhang di Beijing pada Rabu kemarin.

Angka tersebut menandakan adanya keinginan yang besar warga Tiongkok atas produk dari luar negeri, demikian ditambahkan. Hal ini sama sekali tidak terpengaruh dengan isu produk palsu yang beberapa kali muncul pada platform e-commerce Alibaba. Perusahaan pun tetap merencanakan untuk melakukan perluasas secara global.

Raksasa e-commerce Tiongkok ini saat ini memegang acara festival belanja tahunan untuk para jomblo. Single ‘Day merupakan acara belanja terbesar di dunia, bakan lebih besar dari Black Friday digabungkan dengan Cyber Monday yang diadakan di Amerika Serikat. Banyak perusahaan e-commerce Tiongkok menawarkan diskon curam untuk menarik konsumsi dalam skala besar.

Pada penutupan perdagangan, raksasa ecommerce ini telah mencapai penjualan senilai 91.2 miliar yuan ($ 14.3bn; £ 9.4bn), meningkat dari 60% pada tahun lalu. Sebagai perbandingan, penjualan pada Cyber Monday, yang merupakan hari belanja online terbesar di Amerika Serikat, hanya mencapai USD 1.35bn, demikian seperti dilansir oleh Reuters. Single Day diadakan setiap tahun pada 11 November.

Hari itu juga disebut sebagai Double Eleven karena tanggal tersebut.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :