Minggu ini Apple akan Merilis iPad Pro

(Business Lounge Journal – News) Apple pada minggu ini akan memasarkan iPad Pro-nya yang mulai dijual di 40 negara. Perangkat komputasi baru ini bertujuan untuk menghidupkan kembali pasar tabletnya yang sempat merosot.

Raksasa teknologi California ini mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tablet iPad layar besarnya yang baru bertujuan untuk menggantikan PC portable yang akan tersedia secara online di toko-toko dalam seminggu ini.

Tablet baru dengan layar 12,9 inci (32,7 sentimeter), juga memiliki keyboard yang dapat dilepas. IPad Pro dimulai dengan harga USD 799 untuk pelanggan AS, dengan pilihan keyboard dengan menambah harga sebesar USD 169.

“Respon awal untuk iPad Pro dari pengembang aplikasi dan pelanggan kami sangat luar biasa, dan kami sangat gembira untuk memberikan iPad Pro ke tangan pelanggan di seluruh dunia minggu ini,” demikian dikatakan wakil presiden senior Apple Philip Schiller. IPad Pro memiliki stylus yang disebut Apple Pencil, meskipun desakan dari mendiang pendiri Apple Steve Jobs bahwa konsumen tidak menginginkan aksesori seperti itu.

Sebuah laporan bulan lalu oleh tracker pasar IDC menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun 12,6% dalam penjualan tablet pada kuartal Juli-September. IDC analis mengatakan hal ini disebabkan pemilik tablet tidak mengganti perangkat sesering di masa lalu, dan beberapa beralih ke smartphone besar, atau “phablets,” atau PC ringan, beberapa di antaranya memiliki keyboard yang dapat dilepas.

Tetapi analis telah melihat beberapa pertumbuhan di “hybrid” kategori komputer ringan seperti Microsoft Surface yang memiliki keyboard dilepas.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal