Petugas Teknisi Berjiwa Marketing, Mantap !!

(Business Lounge Journal – Dominate The Market) Kita sering mendengar bahwa dalam sebuah perusahaan maka Marketing Team adalah backbone atau tulang punggung bagi berlangsungnya bisnis perusahaan. Mengapa? Karena dari merekalah perusahaan menemukan pelanggan yang menghasilkan uang bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Fenomena mengesankan dari seorang teknisi mesin fotocopy

Penulis mempunyai pengalaman yang sangat mengesankan dari seorang teknisi mesin fotocopy yang memiliki jiwa marketing sangat kuat. Untuk kebutuhan supply peralatan kantor salah satunya mesin fotocopy, perusahaan kami menggunakan 2 (dua) vendor katakan vendor A dan vendor B. Suatu kali karena kebutuhan yang urgent maka diputuskan untuk menggunakan satu vendor saja. Maka ditetapkan memilih vendor A karena jenis mesin yang kami sewa jarang bermasalah dan biaya sewa bulanannya lebih murah daripada vendor B. Meskipun vendor B sedang dalam proses untuk mengganti mesin fotocopy dengan unit yang lebih baru supaya tidak bermasalah.

Suatu saat teknisi mesin dari vendor B datang untuk memeriksa unit lama karena unit baru akan tiba. Ternyata perusahaan sudah memutuskan tidak melanjutkan sewa vendor B dan unit baru dari vendor A sudah terpasang rapi siap pakai. Kira-kira kalau teknisi lain mungkin akan minta konfirmasi pada supervisor dan kemudian kembali ke kantor untuk melaporkannya.

Namun tidak demikian dengan teknisi ini, dia minta penjelasan lebih lanjut mengapa sewa dari perusahaannya dihentikan dan kami memilih vendor A. Setelah dijelaskan bahwa dalam beberapa hal mesin fotocopy vendor A berfungsi lebih baik dan harga sewanya lebih murah. Apa yang dilakukan teknisi ini? Dia menanyakan kekurangan-kekurangan mesinnya, lalu menawarkan beberapa alternatif mesin yang akan mengakomodir kebutuhan kami. Selanjutnya dia menelepon supervisor-nya melaporkan apa yang terjadi, sambil menawarkan beberapa alternatif solusi yang dia sampaikan pada kami sebagai klien. Lalu dia hubungi marketing staff untuk segera datang ke kantor kami dan membereskan penawaran baru. Setelah semua diatur si teknisi ini pamit dan mengatakan terimakasih masih diberi peluang memperpanjang kontrak, marketing-nya akan tiba setelah makan siang dengan penawaran baru sesuai kebutuhan kami. Luar biasa, dalam tempo singkat petugas marketing datang dan akhirnya penawaran diterima oleh perusahaan kami, deal.

Luar biasa, seorang teknisi me-maintain pelanggan dengan baik dan benar akhirnya berhasil memperpanjang kontrak dan tidak jadi disingkirkan oleh pesaing.

Tugas atau Fungsi Pemasar Bagi Seluruh Pegawai

Bila kita pelajari kembali teori maka tugas seorang tenaga marketing terdiri dari beberapa hal. Pertam, perannya dalam hal promosi, yakni sebagai bagian yang memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat melalui produk atau jasa yang dihasilkan. Kedua, peran sebagai sales marketing yang bertugas menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut. Ketiga, peran dalam konsep komunikasi pemasaran dengan organisasi pemasaran yang berperan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjembatani antara perusahaan dan lingkungan eksternal.

Namun berbagai perusahaan besar yang sukses di bidang pemasaran dan pelayanan kepada pelanggan seperti hotel-hotel berbintang empat dan lima, perusahaan perbankan, maskapai penerbangan dan lain-lain mengajarkan bahkan menetapkan sebagai budaya perusahaan bahwa setiap pegawai adalah tenaga marketing bagi perusahaan. Nilai-nilai seperti ini berdasarkan pengalaman memberikan dampak postif dan signifikan bagi peningkatan volume penjualan seperti contoh teknisi mesin fotocopy di atas.

Jadi jika pembaca ingin perusahaannya maju dan memiliki backbone yang kuat, arahkan semua pegawai baik petugas garis depan maupun back office untuk memiliki sikap marketing yang tidak mau membuang kesempatan sedikit pun ketika bertemu calon pembeli tanpa terlebih dahulu menawarkan produk atau minimal memperkenalkan diri dan perusahaannya supaya suatu saat dapat ditindaklanjuti.

bu-emyEmy Trimahanani/VMN/BL/Managing Partner for Wealth Management Vibiz Consulting