Pentingnya Menggunakan Magic Word

(Business Lounge Journal – Empower People) Pada masa kini nilai yang ditanamkan dalam kehidupan seorang anak sejak di bangku sekolah adalah nilai-nilai yang sederhana namun merupakan magic words. Jangan sampai kita yang dewasa ketinggalan dari mereka. Magic words yang dimaksudkan ini bukan “abakadabra” atau “simsalabim” lho.

Magic words ini diajarkan sejak taman kanak-kanak dan dilatih agar menjadi suatu habit untuk diucapkan setiap saat. Seringkali saya memperhatikan dunia kerja, justru nampaknya tidak menjadi sesuatu habit untuk mengatakan magic words. Kenapa dikatakan magic words? Karena kata-kata ini mampu meluluhkan hati orang lain dan mengubah suasana yang buruk menjadi baik.

Apakah Anda tahu apa saja magic words ini?

Magic words berikut ini saya pilihkan ada beberapa kata yang cocok untuk dunia kerja, yaitu:

  1. Thank You (Terimakasih)
  2. I am Sorry (Saya minta maaf)
  3. I forgive You (Saya memaafkan Anda)
  4. I respect You (Saya menghargai Anda)

Thank You

Mengucapkan terimakasih ternyata tidak semudah yang kita pikirkan cukup hanya terlontar dari mulut kita tetapi orang dapat merasakan ungkapan terimakasih ini tulus atau tidak. Memang kita harus membiasakan diri mengucapkan terimakasih yang tulus yang merupakan hasil dari menghargai orang lain tentunya. Ucapan yang tulus akan terpancar dari mata yang bersinar dan hati yang gembira tentunya akan menjadi magic words yang luarbiasa menyenangkan bagi orang lain.

I am Sorry

Demikian pula dengan meminta maaf. Meminta maaf kadang dilakukan sebagian orang sambil lalu, dengan tidak sungguh-sungguh dan semakin menyebalkan kelihatannya. Karena banyak orang meminta maaf hanya sekedar untuk mengakhiri pembicaraan dan menyudahi persoalan tapi sebenarnya “ngedumel” dalam hati. Nah, “ngedumel” atau tidak, Andalah yang tahu hati Anda sendiri. Permintaan maaf yang sungguh-sungguh menjadi magic words karena selalu mampu mencairkan suasana, memecahkan ketegangan, meredam amarah orang lain dan membalut hati yang luka karena kesalahan kita.

I forgive You

Hal ini penting, meminta maaf adalah satu hal tapi memaafkan orang lain yang bersalah pada kita juga tidak kalah pentingnya. Seberapapun beratnya orang lain bersalah pada Anda atau bahkan sudah sangat menyakiti hati Anda, berpikirlah untuk memaafkan bahkan sebelum orang tersebut meminta maaf. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari penyakit kanker akibat sakit hati atau penyakit-penyakit akibat stress lainnya tentunya. Memaafkan orang lain sebelum ia meminta maaf juga akan membuat orang lain bahkan menjadi malu terhadap kita. Powerful bukan?

I respect You

Terhadap client business ataupun rekan sejawat kita dapat mengatakan hal ini. 3 kata magic ini akan membangun suatu relationship yang luarbiasa. Dan hukumnya adalah “respect will born respect”. Orang lainpun akan menghargai Anda. Hargailah mereka yang bekerja bersama dengan Anda, memimpin Anda, mengerjakan perintah Anda atau duduk bersama Anda dalam bisnis.

Silahkan mempraktekkan magic words ini di tempat kerja dan rasakanlah dampaknya.

Vera Herlina Vera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting Group