NASA Buka Penerimaan Astronot

(Business Lounge Journal – News) NASA telah mengumumkan bagaimana telah dibuka program penerimaan untuk astronot. Hal ini diumumkannya sebagai langkah antisipasi kembalinya program “peluncuran spaceflight manusia untuk Amerika dan dalam persiapan untuk perjalanan ke Mars.”

Badan antariksa mengatakan astronot yang dipilih nantinya akan ikut terbang untuk sampai empat kendaraan, Stasiun Luar Angkasa Internasional, dua pesawat antariksa komersial, dan Orion deep-space kendaraan eksplorasi NASA sendiri.

“Kelompok berikutnya penjelajah antariksa Amerika akan menginspirasi generasi Mars untuk meraih ketinggian baru, dan membantu kami mewujudkan tujuan menempatkan booting cetak di Planet Merah,” demikian dikatakan NASA Administrator Charles Bolden seperti dilansir oleh VOA. “Mereka yang terpilih untuk layanan ini akan terbang di AS sehingga pesawat ruang angkasa akatberangkat dari Amerika. Mereka juga akan memajukan ilmu pengetahuan dan penelitian kritis kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan membantu mendorong batas-batas teknologi dalam ajang pembuktian ruang angkasa.”

NASA mengatakan pelamar harus memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, atau matematika. Mereka juga harus memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman profesional terkait atau setidaknya 1.000 jam “percontohan-in-command” waktu penerbangan di jet.

Aplikasi akan diterima dari 14 Desember sampai pertengahan Februari, namun yang terpilih nantinya baru akan diumumkan pada pertengahan 2017. Calon astronot juga harus lulus “long-duration spaceflight physical.”

Tiga ratus orang telah berpartisipasi dalam korps astronot NASA sejak 1959, dengan 47 sedang aktif.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana