Langkah Menjadi Wedding Organizer yang Sukses

(Business Lounge Journal – Manage Your Business) Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya mengenai bisnis yang abadi sepanjang masa, maka event organizer atau tepatnya wedding organizer akan menjadi pekerjaan yang akan selalu ada. (Baca: Ekonomi Sulit? Ini Contoh Bisnis yang Abadi Sepanjang Masa). Sebab, terlepas dari perekonomian sulit atau tidak, pernikahan akan selalu ada. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pemprov DKI maka diperkirakan ada sekitar 10,000 pertambahan pasangan dengan status menikah pada tahun lalu. Jika hal ini dapat diartikan sebagai jumlah pernikahan yang terjadi pada tahun lalu, maka menjadi wedding organizer akan selalu menjadi ladang usaha yang menjanjikan.

Jika Anda menikmati untuk menjadi pelaksana sebuah pesta ataupun acara lainnya dan menyukai sesuatu yang lebih fleksibel melampaui kehidupan profesional Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menjadi seorang wedding organizer. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda pelajari bagaimana menjadi wedding organizer.

1. Mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi

900px-Be-a-Wedding-Planner-Step-1-Version-2

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis ini, maka kumpulkanlah sebanyak-banyaknya informasi mengenai penyelenggaraan sebuah acara pernikahan.

2. Mulailah belajar menjadi wedding organizer yang baik.

900px-Be-a-Wedding-Planner-Step-2-Version-2

Anda pemain baru sekarang, upayakanlah untuk mulai dikenal, yaitu dengan menjadi fleksibel dan dapat dengan mudah diajak bekerja sama. Sehubungan dengan banyaknya pernikahan yang diselenggarakan pada akhir pekan, maka bersiaplah untuk bekerja sepanjang akhir pekan Anda. Atau pertemuan-pertemuan pada malam hari setelah jam kantor usai.

3. Bersiaplah untuk bekompetisi

Be-a-Wedding-Planner-Step-3-Version-2

Industri perencanaan pernikahan adalah industri yang sangat kompetitif dan memiliki banyak tuntutan dalam penambahan manfaat. Itulah sebabnya, Anda membutuhkan banyak pengetahuan, mulai dari menjalankan bisnis dengan sukses hingga memiliki vendor yang berkualitas.

Mengatur suatu moment yang sangat penting bagi banyak orang, merupakan sebuah sanjungan bagi Anda. Namun pada sisi yang lain, Anda akan banyak dituntut. Bukan hanya oleh calon pengantin, tetapi juga anggota keluarga, serta vendor yang bekerja sama dengan Anda.

Salah satu yang juga harus Anda persiapkan adalah kondisi fisik Anda yang akan menuntut Anda berdiri berjam-jam dalam setiap pernikahan yang berlangsung. Bahkan dapat saja mengkondisikan Anda harus mengangkat dan memindahkan furnitur, kotak, atau membantu tamu yang embutuhkan pertolongan.

4. Anda membutuhkan waktu untuk sukses

Be-a-Wedding-Planner-Step-4-Version-2

Tidak ada salahnya untuk merncanakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi sukses. Diperkirakan dibutuhkan 2-4 tahun untuk dapat meraih keuntungan sebagai wedding organizer. Sebab tentu saja Anda membutuhkan waktu untuk membangun basis klien Anda dan mengumpulkan pengalaman dan referensi, yang sebagian akan membantu Anda mendapatkan keuntungan.

Bersambung

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : wikihow, pixabay