Financial Tips: Mulailah Berinvestasi Sekarang

(Business Lounge Journal – Manage Your Finances) Bagi banyak orang, masalah keuangan, perpajakan, atau hal-hal yang berkaitan dengan angka, adalah sesuatu yang kompleks dan memusingkan, sehingga lebih baik untuk dihindari. Coba saja tanyakan orang-orang di sekitar Anda ada berapa banyak dari mereka yang perduli dengan perhitungan bunga kartu kredit? Coba bandingkan dengan berapa banyak orang di sekitar Anda yang memiliki kartu kredit. Saya jamin, perbandingannya akan sangat mencolok. Sebab akan lebih banyak yang hanya tahu menggesek namun tidak tahu menghitung bunganya. Akibatnya mereka tidak akan berupaya maksimal bagaimana agar tidak terkena bunga.

Ketidakperdulian seperti ini juga berakibat, banyak orang tidak akan berpikir untuk mulai berinvestasi. Mereka tidak memperhitungkan apa yang dapat mereka lakukan yang kelak akan membawa keuntungan di kemudian hari. Lagi-lagi karena tidak tahu dan tidak perduli dengan segala perhitungan dan berbagai berita yang terjadi di sekelilingnya. Atau meresa bahwa investasi merupakan suatu yang menakutkan dan berisiko tinggi.

Memang membutuhkan waktu untuk dapat belajar berinvestasi, namun bukan berarti Anda tidak dapat memulainya hari ini. Strategi investasi jangka panjang yang dibangun di atas fondasi yang kuat dari fluktuasi pasar sementara. Jika investor baru memahami hal ini, mereka dapat membuat rencana yang akan membawa mereka untuk jangka panjang. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk merumuskan strategi investasi pertama Anda, serta alasan mengapa sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Berinvestasilah Sekarang, tetapi Bukan Karena Pasar Down
Pernah mendengar pepatah bahwa waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalun namun waktu terbaik kedua adalah sekarang. Hal ini juga berlaku dalam dunia investasi. Pasar saham secara inheren tidak terduga. Ini telah dibuktikan oleh para pemikir dan analis di seluruh dunia. Orang-orang yang mencoba untuk mendapatkan uang melalui investasi memang tidak dapat dijamin. Namun, salah satu cara untuk berinvestasi di pasar yang berkembang secara keseluruhan, adalah melalui (saham murah harga reksa dana) ETF (Exchange Traded Fund). Sebagai cara terbaik untuk berinvestasi di reksa dana atau ETF adalah lakukanlah setiap kali Anda memiliki uang. Pasar akan naik dan turun, tetapi memiliki kecenderungan untuk tumbuh dari waktu ke waktu. Kebanyakan investor baru akan perlu untuk mengadopsi strategi yang lambat, pertumbuhan yang stabil. Jika Anda belum pernah berinvestasi, berinvestasilah sekarang dan tetaplah pada rencana Anda.

Memilih Saham untuk Berinvestasi

Ada beberapa investor yang menjadi kaya karena bermain saham dan ia memilih saham yang tepat. Ada dua faktor yang menyebabkannya yaitu apakah ia memang cukup profesional dalam bermain saham atau unsur keberuntungan belaka, atau keduanya. Tetapi banyak juga yang kemudian salah memilih saham yang akan diinvestasikan. Sehingga penting untuk memperhatikan performance perusahaan yang Anda pilih dan juga dapat memiliki pengetahuan tentang harga.

Berinvestasilah Ketika Anda Memiliki Uang dan Jangan Monitor Terlalu Ketat

Setiap kali Anda mendengar analisa pasar saham dan mendapati bahwa harga menukik maka jangan merasa seolah-olah dunia berakhir. Memang benar bahwa banyak orang kehilangan banyak uang ketika hal ini terjadi. Tapi Anda juga sudah tahu bahwa ini akan terjadi. Kontribusi investasi yang konsisten untuk ETF atau reksa dana, menggunakan akun yang dilindungi pajak, akan cenderung menghasilkan pertumbuhan yang stabil lambat. Seiring waktu, efek dari bunga majemuk akan ditetapkan dan investasi Anda akan mulai tumbuh lebih banyak dan lebih cepat. Tapi untuk mencapai hal ini, Anda harus berinvestasi ketika Anda memiliki uang dan Anda harus mengabaikan kabar simpang siur yang seringkali dapat menggoyahkan Anda.

Ada banyak cara untuk berinvestasi. Tapi yang satu ini akan bekerja untuk berbagai jenis orang, dan hanya memerlukan sedikit pengawasan. Jadi lakukanlah apa yang perlu Anda lakukan mulai hari ini. Waktu terbaik untuk memulai investasi adalah tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua untuk memulai investasi adalah sekarang.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana