Empat Hal Penting dalam Menyusun Budget Digital Marketing

(Business Lounge Journal – Dominate The Market) Seperti telah diketahui bahwa di era digitalisasi sekarang ini maka semua perusahaan dan organisasi haruslah bersiap untuk menghadapi sebuah transformasi digital.

Beberapa tahun terakhir, Anda mungkin memiliki peningkatan pengeluaran pada media digital dan kemampuan digital lainnya. Tapi dunia digital bergerak secepat kecepatan cahaya, dan apa yang sangat efektif dan efisien pada dua atau tiga tahun yang lalu kemungkinan besar tidak lagi menjadi strategi terbaik untuk perusahaan Anda hari ini. Itulah sebabnya Anda membutuhkan strategi digital yang baru termasuk pada kegiatan pemasaran.

Tahun depan, tentu saja akan “lebih digital” dari tahun ini dan begitu seterusnya. Hal ini haruslah Anda perhitungkan dalam menyusun marketing budget untuk tahun mendatang. Dengan demikian ada 4 hal penting yang harus Anda perhitungkan lebih di dalam menyusun anggaran sebab pentng bagi Anda untuk memfasilitasi transformasi digital yang sedang terjadi.

1. Ponsel. Sekarang dapat dikatakan bahwa perangkat mobile atau ponsel merupakan media utama bagi banyak konsumen, sehingga pemasaran melalui mobile sekarang menjadi pusat perhatian. Pengguna smartphone dan tablet diharapkan akan mendekati 7 miliar pada tahun 2020, menurut Gartner. Sedangkan wearable electronics yang sering kali digunakan saat berolah raga diperkirakan akan mencapai USD 5 miliar pada akhir 2016.

Karena itu dalam strategi pemasaran Anda maka pastikanlah bahwa itu akan sesuai dengan tujuan jangka panjang perusahaan Anda. Pastikan bahwa semua konten digital perusahaan Anda yang dibuat sangat optimal untuk ponsel. Menurut Silverpop.com, jika konten digital Anda tidak dioptimalkan untuk ponsel, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk menjangkau pelanggan Anda pada saat dan di tempat mereka paling mungkin untuk membeli.”

2. Content. Konten digunakan sebagai alat pemasaran dengan 95% penjualan B2B dan 82% penjualan B2C, demikian menurut penelitian Kapost.com dikutip dalam Forbes. Tujuh puluh delapan persen percaya konten yang dapat disesuaikan adalah masa depan pemasaran digital dan Forbes memprediksi bahwa kebutuhan untuk konten yang baik tidak akan melambat bahkan akan terus berkembang bahkan berevolusi menjadi berbagai bentuk, yang tidak lagi terpaku pada metode pemasaran tradisional.

Untuk sepenuhnya dapat menarik perhatian audiens Anda, maka tingkatkanlah fokus Anda pada konten audio dan video. Hal ini akan sangat efektif untuk menarik perhatian audiens.

3. Media Sosial. Pemasaran melalui media sosial sangat penting dalam dunia terhubung saat ini. Jika perusahaan Anda tidak memiliki penampilan yang maksimum pada berbagai sosial media seperti Facebook, SnapChat, Twitter, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan lainnya, maka Anda akan tertinggal dari para pesaing Anda. Sosial media bukan lagi sebuah pilihan, itu merupakan sebuah harga untuk memasuki dunia generasi muda saat ini.

Melalui media sosial, Anda akan mengetahui siapa dan bagaimana pelanggan dan calon pelanggan Anda saat ini, termasuk bagaimana dan di mana mereka dapat dicapai. Misalnya, apakah mereka lebih menyukai Instagram atau Facebook, dan sebaliknya. Untuk memaksimalkan pegeluaran media sosial Anda, baik pemasaran B2B dan B2C maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa jenis cara pemasaran untuk menjangkau audiens Anda.

4. Data Analytics. Hal ini sangat penting sehingga Anda dapat menganalisa siapa dan bagaimana pelanggan Anda serta bilamana Anda akan mencapai keberhasilan pemasaran dan penjualan. data sangat dibutuhkan saat ini untuk Anda dapat menentukan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan pelanggan bahkan untuk melampauinya.

Terlepas dari berapa besar bisnis Anda, sejumlah besar data yang sudah tersedia di ujung jari Anda dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran digital Anda. Pelanggan biasanya tidak dapat mengartikulasikan apa yang mereka inginkan, tetapi dengan menganalisa data, Anda dapat memenuhi apa yang mereka cari.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal