Komunikasi Adalah Kunci Keterlibatan Karyawan Sejati

Entrepreneurial Tips : Menjalin Relasi Dalam Waktu Cepat? Ini Caranya!

(Business Lounge – Manage Your Business) – Sebagai seorang entrepreneur atau pebisnis, memang menjalin relasi atau melakukan networking sangatlah penting. Baik untuk keperluan bisnis maupun sekedar mencari koneksi untuk pertemanan, tidak dapat dipungkiri, bahwa menjalin relasi sangatlah penting. Namun, menjalin relasi tentunya tidak semudah yang kita pikirkan. Berbicara dengan orang lain, pastinya membutuhkan kiat tersendiri, dan juga tentunya harus memperhatikan sisi lawan bicara kita agar tidak menyinggung perasaannya.

Pertanyaannya kini, bagaimanakah cara agar bisa menjalin relasi dalam waktu yang cepat? Berbusana dan berpenampilan menarik di hadapan lawan bicara? bisa saja, tetapi bukan itu yang utama. Atau kepandaian berbicara dalam bahasa asing di hadapan lawan bicara Anda? itu juga impresif dan tidak salah sama sekali, tetapi Anda juga harus lihat siapa lawan bicara Anda, karena apabila lawan bicara Anda tidak bisa berbahasa asing, berhati-hatilah, karena itu bisa menyinggung perasaannya. Jadi pertanyaannya, bagaimanakah cara yang sebenarnya agar dapat menjalin relasi dengan cepat? Berikut caranya :

Perhatikan body languange lawan bicara Anda

Body language lawan bicara Anda, tentunya harus Anda perhatikan. Mulai dari pandangannya, dan juga gerak tangannya, dan lainnya. Itu juga membantu agar Anda tidak salah mengambil tindakan dan menolong Anda agar tidak salah menanggapi pembicaraan nantinya. Pandangan mata Anda kepada lawan bicara Anda juga jangan seperti pandangan menuduh, atau terlalu melihat dengan mata yang tidak empati, tetapi pandanglah lawan bicara Anda dengan pandangan yang empati dan serius mendengarkan perkataannya.

Ada hal yang perlu dihindari dalam berbicara, yaitu pandangan Anda kemana-mana ketika sedang berbicara dengan lawan bicara. Ingat, Anda harus membuat lawan bicara Anda merasa dihargai, karena itulah awal dari keberhasilan Anda menjalin relasi. Jangan pernah Anda tidak menanggapi serius pembicaraan orang lain, dan jangan sampai penampilan Anda juga terlihat tidak empati pada orang lain.

Jangan menghubungkan pembicaraan pada kebanggaan diri Anda

Biasakan untuk memuji orang lain dalam perkataan dan kurangi kebanggaan terhadap diri sendiri secara berlebihan. Anda harus tahu, saat ini sebagian orang juga membicarakan mengenai “Narcissism Epidemic” dimana orang banyak berfokus pada diri sendiri, dan biasanya hal itu dianggap menjengkelkan bagi sebagian orang. Percaya atau tidak, meskipun kelihatannya Anda hebat dalam membicarakan prestasi Anda, tetapi bagi sebagian orang, hal itu sangat tidak menyenangkan karena dianggap Anda hanya sibuk memamerkan kebanggaan diri. Untuk segala pembicaraan, hindari hal yang memamerkan diri, dan berfokuslah kepada pembicaraan yang dilakukan lawan bicara Anda.

Hal penting yang harus Anda ketahui : Berhenti untuk terlalu dini dalam menilai lawan bicara Anda, meskipun kelihatannya ia kurang menyenangkan di mata Anda. Sebenarnya, Anda harus tahu, bahwa Anda tidak bisa menilai orang dari topik pembicaraan saja, tetapi terkadang Anda sudah menilai orang tersebut tidak asyik, membosankan, dan lainnya hanya karena tidak sesuai dengan kerangka pikiran Anda.

Fakta yang harus Anda ketahui adalah, setiap orang punya ciri khas sendiri dalam berbicara, jadi Anda tidak boleh menilai orang berdasarkan kerangka pikiran Anda sendiri. Kebiasaan Anda menilai orang dengan kerangka pikiran Anda sendiri, pada akhirnya tetap akan membuat Anda sulit untuk menjalin relasi dengan cepat, karena pikiran Anda sudah sibuk menilai sana-sini terlebih dahulu tanpa mencoba menggali pembicaraan dari lawan bicara Anda.

Biasakan tersenyum dan menanggapi lawan bicara Anda

Tersenyum tentunya merupakan hal yang harus Anda lakukan, karena hal itu bisa membuat pembicaraan menjadi lebih menyenangkan. Jangan pernah memasang muka cemberut atau tidak bersahabat, karena itu akan membuat lawan bicara Anda menjadi malas berbicara dengan Anda.

Menanggapi lawan bicara, itu juga penting, karena hal itu menunjukkan empati kita kepada lawan bicara kita. Jangan pernah gaya kita cuek, tidak perhatian, dan pantang untuk tidak memberikan feedback kepada lawan bicara Anda. Salah satu prinsip dari Dale Carnegie yang dikutip dari bukunya How To Win Friends and Influence People, adalah “buatlah orang lain merasa penting, dan lakukan itu dengan tulus.” Dengan Anda menanggapi pembicaraan lawan bicara Anda tanpa menilainya dengan kerangka pikiran sendiri, maka Anda akan bisa menjalin relasi dengan cepat dengannya.

Jangan mengambil posisi Anda diatas lawan bicara Anda

Kerendahan hati sering terkesan bukan menjadi pilihan ketika berbicara dengan orang lain. Tetapi Anda harus tahu, ketika Anda rendah hati dalam berbicara, hal itu justru sangat menarik bagi lawan bicara Anda. Pada prinsipnya, semua manusia senang dihargai, jadi ingat, sehebat apapun Anda, jangan pernah mengambil posisi diatas lawan bicara Anda. Hargai lawan bicara Anda, dan bicaralah dengan kerendahan hati serta nada bicara yang santun. Hal itu akan mempermudah Anda untuk menjalin relasi dengan lawan bicara Anda.

Anda harus memetakan arah pembicaraan pada akhirnya

Tahapan penting yang harus Anda ketahui adalah, Anda harus bisa memetakan kemana arah pembicaraan Anda dengan lawan bicara Anda. Apakah bisa berlanjut menjadi relasi bisnis yang saling menguntungkan, atau mungkin sekedar menjalin persahabatan. Perlu Anda ketahui, meskipun lawan bicara Anda pada saat itu bukan orang yang berpengaruh, menjalin persahabatan sangatlah penting, karena siapa yang tahu akan nasib seseorang pada nantinya. Bisa jadi, beberapa tahun kemudian, orang yang telah menjadi sahabat Anda itu, menjadi orang yang berpengaruh di dunia bisnis. Karena itu, Anda tetap harus menjalin persahabatan dengan semua orang, baik orang itu akan berguna bagi bisnis Anda, maupun hanya sekedar teman. Tetapi, prinsip yang harus dipegang seorang pebisnis, jalinlah relasi yang sehat dengan sebanyak mungkin orang, dan ambillah prinsip yang baik dari orang yang Anda temukan. Hal itu, pastinya tetap akan berpengaruh bagi kemajuan bisnis yang Anda pimpin.

Zefanya  Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL