Menantikan Transformasi James Staley, CEO Baru Barclays

(Business Lounge Journal – Global News) Barclays PLC pada Rabu (28/10) memberikan konfirmasi kepastian pergantian CEO terbarunya. Mantan bankir dari JP Morgan Chase & Co, James Staley ditunjuk sebagai CEO Barclays yang baru, yang akan bertugas pada bulan Desember.

James Staley, 58 tahun, yang dikenal sebagai “Jes”, meniti karier tangga selama lebih dari tiga dekade di JP Morgan, naik posisi menjalankan unit aset-manajemen sebelum mengambil alih kendali dari bank investasi tersebut pada tahun 2009. Selanjutnya Ia bergabung dengan perusahaan hedge fund BlueMountain Capital Management LLC.

Chairman Barclays, John McFarlane memberi keyakinan bahwa Jes mengerti akan korporasi dan investasi perbankan, dimana bagian itu yang memang menjadi prioritas utama Barclays.

Sebenarnya pada tahun 2012, setelah meninggalkan JP Morgan Bank, Staley diposisikan untuk menjadi CEO Barclays tapi ditolak sebagian pengurus karena bank Inggris tersebut khawatir tentang reaksi publik untuk penarikan dia keluar dari JP Morgan.

Staley bergabung dengan Barclays menggantikan pendahulunya, Antony Jenkins, yang diberhentikan oleh dewan musim panas ini atas kekhawatiran bahwa ia tidak bisa mendorong terjadinya perombakan radikal untuk kemajuan Bank.

Dalam sebuah pernyataan Staley mengatakan bahwa adalah suatu kehormatan untuk dipilih menjadi CEO Barclays dan Staley akan fokus untuk meningkatkan keuntungan pemegang saham. Staley juga berjanji untuk terus mendorong menyelesaikan transformasi budaya dari Grup perusahaan.

Barclays akan memberikan penghargaan kepadanya saham Barclays bernilai sekitar £ 2.000.000 ($ 3.000.000) untuk menggantikan yang merupakan hak sahamnya di JP Morgan.

Dengan bergabung di Barclays, Staley akan memperoleh gaji pokok £ 1.200.000 dan tunjangan tunai sebagai pengganti pensiun sebesar dari 33% dari gaji pokoknya.

Pengalaman Staley 30 tahun di JP Morgan seperti pada Corporate Finance, Equity Capital Market & Syndicate, Private Banking, Chief Executive Officer JP Morgan Asset Management hingga akhirnya menjadi Chief Executive Officer JP Morgan Investment Banking, tentunya menjadi modal untuk melakukan perubahan yang berarti di Barclays.

Dua poin penting yang Staley kemukakan yaitu fokus meningkatkan keuntungan pemegang saham dan transformasi budaya perusahaan tentu menjadi hasil yang sangat diharapkan perusahaan dan Staley merespon untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Dodo/VMN/BLJ/Journalist
Editor : Ruth Berliana
image : youtube