Management Tips: Menerapkan Fungsi HR dalam Usaha Kecil

(Business Lounge Journal – Empower People) Apakah sebuah bisnis kecil yang sedang Anda rintis membutuhkan Human Resources? Jawabannya adalah Ya! Sekecil apapun bisnis Anda, berapa pun jumlah SDM yang mengerjakannya, atau pun Anda belum memiliki tempat kantor khusus, jawabannya tetaplah sama. Ya, Anda membutuhkan Human Resources. Apakah kemudian fungsi ini akan dirangkap atau pun bahkan Anda sendiri yang menjalankannya, tidak masalah. Hal yang penting untuk Anda garisbawahi adalah bahwa sepanjang ada kegiatan rekrutmen, pembayaran upah, penilaian kinerja, dan yang berkaitan dengan itu, maka Anda perlu menunjuk seseorang termasuk Anda sendiri untuk menjalakan fungsi Human Resources.

Penting untuk mengingat bahwa karyawan adalah komponen penting dari bisnis apapun. Karena itu, keberhasilan mengelola aspek sumber daya manusia dari sebuah bisnis akan menjadi hal yang sangat penting, termasuk pada usaha kecil. Sebab Anda harus memastikan bagaimana mereka memiliki komitmen, loyalitas, serta kinerja yang baik bahkan sangat baik. Bagaimana dapat menumbuhkannya? Tentu saja peranan fungsi Human Resources.

Berikut beberapa tips menerapkan fungsi Human Resources pada bisnis kecil Anda:

1. Membuat dan mentaati peraturan

Mungkin kedengarannya sedikit muluk, namun demikianlah seharusnya. Peraturan bagaikan sebuah kesepakatan antara Anda dan mereka yang bekerja dengan Anda. Baik itu mengenai jam kerja, panjangnya waktu kerja, libur, pembayaran gaji, keselamatan kerja, dan sebagainya. Selain itu, salah satu fungsi penting yang juga harus dijalankan adalah memastikan bahwa perusahaan Anda telah memenuhi peraturan pemerintah.

2. Rekrutmen yang efektif

Mendengar kata Human Resources maka bagi sebagian besar orang hal ini berhubungan dengan rekrutmen. Sehingga Anda harus memastikan bahwa fungsi ini dapat berjalan dengan baik dan efektif. Dahulukanlah mereka yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan, serta penting untuk memastikan bahwa mereka dapat diajak untuk bekerja sama. Jangan sekedar mendahulukan kenalan atau titipan kerabat. Tetapi andaikata pun Anda mempekerjakan kerabat yang memang Anda kenal, maka pilihlah yang dapat bekerja sama dengan Anda.

3. Menanamkan budaya yang sesuai

Rumuskanlah apa yang akan menjadi budaya perusahaan Anda dan tanamkanlah itu tiap-tiap hari dalam nilai-nilai yang tersirat pada kegiatan Anda dan semua tim.

4. Fungsi Administrasi

Jalankanlah fungsi administrasi dari sejak perusahaan masih dalam skala kecil. Berbagai pencatatan data karyawan dan dokumen yang dibutuhkan. Pencatatan pemberian upah. Pembuatan kontrak kerja, dan sebagainya.

5. Terapkan pemberian reward

Bukan hanya perusahaan besar yang dapat menerapkan pemberian reward. Namun dari skala kecil, penting bagi Anda untuk sudah menerapkannya. Hargailah setiap kinerja yang baik yang dilakukan semua tenaga kerja yang Anda miliki. Mungkin saja pemberian bukan dalam bentuk tunai, namun pastikanlah bahwa pekerja mengetahui bahwa hasil kerjanya mendapatkan penghargaan. Misalnya saja tambahan hari libur ketika sudah bekerja lembur untuk menyelesaikan proyek, atau voucher belanja walaupun nilainya tidak terlalu besar, atau makan siang bersama, dan sebagainya.

6. Pelatihan dan pengembangan.

Pastikan fungsi ini berjalan dengan baik. Bentuk yang dapat diberikan tidak harus berupa ikut serta dalam training, atau kelas yang diadakan lembaga-lembaga pelatihan. Tetapi dapat berupa pembelajaran singkat dari mereka yang sudah lebih berpengalaman atau memberikan tutorial-tutorial yang dapat Anda peroleh sendiri. Pastikan semua pekerja Anda akan mendapatkan pengembangan yang sama. Anda sendiri yang akan merasakan keuntungannya apabila pekerja Anda menjadi terampil.

7. Berikan  pengakuan.

Kedengarannya sederhana untuk Anda dapat mengucapkan terimakasih manakala karyawan Anda telah menyelesaikan tugasnya, namun itu adalah bentuk dari sebuah pengakuan. Berikan pujian apabila hal itu memang diperlukan. Luangkan waktu untuk melakukan coaching dan mentoring. Jangan lupa untuk memberikan umpan balik bagi setiap karyawan Anda.

Sederhana bukan? Tetapi semua fungsi ini dibutuhkan oleh seluruh karyawan Anda.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development