Apple Bersiap Menangkan Penjualan Akhir Tahun, Bagaimana dengan Anda?

(Business Lounge Journal – Global News) Periode liburan selalu menjadi moment yang tepat untuk meningkatkan pemasukan sebab liburan menjadi kesempatan bagi banyak orang untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Mulai dari bepergian, mengadakan perayaan, memberikan hadiah, dan sebagainya. Hal ini jugalah yang dimanfaatkan oleh Apple yang sedang berupaya untuk meningkatkan penjualan iPhone pada periode liburan yang akan segera tiba ini. Raport penjualan  iPhone memang masih merah, demikian seperti dilansir oleh Reuters. Itulah sebabnya para investor perusahaan berlogo buah apel ini memilih untuk fokus pada penjualan pada masa liburan mendatang. Sebab pada tahun lalu, Apple berhasil meraih hasil penjualan tertinggi pada akhir tahun.

Penjualan Apple di Tiongkok

Penjualan Apple di Tiongkok yang merupakan pasar smartphone terbesar di dunia memang telah mencapai hampir dua kali lipat yaitu pada kuartal keempat, jika dibandingkan tahun lalu. Penjualan telah mencapai USD 12.52 juta (sekitar 169 miliar rupiah) atau hampir seperempat dari total pendapatan.

Bagi Apple, Tiongkok memang tempat yang indah untuk berbisnis. Itulah sebabnya kini Apple memiliki 25 toko di Tiongkok dan diperkirakan Apple akan membuka sebuah toko baru setiap bulannya, demikian seperti dilansir oleh Reuters.

Namun penjualan di Tiongkok terhitung menurun bila dibandingkan penjualan pada kuartal ketiga. Namun demikian banyak pihak yang bercaya bahwa Tiongkok siap untuk menggantikan Amerika Serikat sebagai pasar terbesar Apple. Bagaimana penjualan yang meningkat pada sekitar musim liburan dan merosot sebelum dirilisnya ponsel yang baru, tampak serupa dengan yang terjadi di Amerika selama ini. Sehingga menyambut musim liburan dengan sebuah gebrakan akan menjadi strategi yang baik untuk Tiongkok.

Penjualan Apple Kuartal Keempat

Apple, perusahaan terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, mengatakan telah menjual sekitar 48.050.000 iPhone di seluruh dunia pada kuartal keempat fiskal yang berakhir 26 September, sedikit di bawah perkiraan rata-rata analis dari 48.720.000, demikian menurut sebuah jajak pendapat yang dikeluarkan oleh majalah Fortune.

Diluncurkannya iPhone 6s dan 6s plus akan menjadi senjata yang ampuh untuk menghadapi musim liburan ini. Belum lagi iPhone versi Rose Gold yang baru saja dirilis. Setelah merilis iPhone terbarunya, Apple telah membukukan rekor penjualan iPhone tepat pada pekan pertama setelah produk barunya bereda.

Sudahkah Bersiap untuk Liburan Akhir Tahun?

Penting untuk tidak melewatkan akhir tahun yang akan segera Anda jelang pada dua bulan ke depan. Berbagai strategi baik itu peluncuran produk baru, program kepemilikan, program sale, dan sebagainya sangat penting untuk Anda pikirkan.

Tidak hanya itu, akhir tahun juga merupakan saat yang baik untuk dapat melakukan berbagai program untuk dapat membuat bisnis Anda semakin dikenal di pasaran. Sehingga penting untuk merumuskan strategi apa yang akan Anda tempuh untuk memenangkan bisnis Anda pada akhir tahun ini.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :  Business Lounge Journal